Kampanye Tolak Plastik Warnai Orientasi Mahasiswa Baru UIB

Kampanye Tolak Plastik Warnai Orientasi Mahasiswa Baru UIB

Orientasi mahasiswa baru Universitas Internasional Batam.

Batam - Universitas Internasional Batam (UIB) mengadakan penyambutan mahasiswa baru tahun ajaran 2019/2020 di Sport Hall UIB, Sabtu (24/8/2019). 

Tahun ini, UIB mengambil tema Creativity dan Social Impact, Doing Something in Digital Era, yang diikuti oleh 1.080 orang. Tema ini, berkaitan dengan kreatifitas serta kegiatan sosial. Disini mahasiswa harus membuat tulisan karya ilmiah, dan ide kreatif pentas seni. 

Koordinator acara penerimaan mahasiswa baru UIB, Dema Afrina mengatakan tema tersebut bertujuan untuk membangun karakter mahasiswa yang kreatif di era industri 4.0 namun tetap peduli terhadap sekitar. 

"Memang apapun yang anak lakukan harus berdampak sama masyarakat, namun tetap harus digital," katanya. 

Untuk kegiatan sosial, mahasiswa dilibatkan dalam pameran Sephora 2019, membuat video bertema social impact, kegiatan sosial berbagi dengan anak panti asuhan, membersihkan pantai dan daerah tertinggal, membuat barang-barang bermanfaat dan daur ulang. 

Ajakan peduli terhadap sekitar tersebut, juga dipraktikkan dengan melarang maba membawa botol plastik, dan mengganti dengan botol minum yang bisa diisi ulang. 

Dalam acara ini, mahasiswa juga diberi materi penyuluhan sosial tentang plastik. "Sosial impactnya kami mengundang Bye Bye Plastic Bag. Untuk meningkatkan kepedulian mereka terhadap darurat sampah plastik. Jadi selain kreatifitas, peduli sesama, tapi tidak lupa ini era digital," ujarnya

Anggota Komunitas Bye Bye Plastick Bag, Nafisatul Hasanah menerangkan, dalam penyuluhan sampah plstik kali ini, mereka coba memberi kesadaran kepada mahasiswa bahwa Indonesia darurat sampah plastik. 

Nafi juga mengajak, mahasiswa melakukan reduce, reuse dan recycle (3r), juga melakukan pemusahan sampah plastik. 

"Kita mencoba mengajak mereka seminimal mungkin mengurangi konsumsi single plastik. Dan UIB ternyata sudah menerapkan hal tersebut di kantinnya, dengan larangan penggunaan sterofoam dan gelas plastik," tutupnya 

(das)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews