Huawei Belum Luncurkan Ponsel Bersistem Harmony OS Tahun Ini

Huawei Belum Luncurkan Ponsel Bersistem Harmony OS Tahun Ini

OS Harmony besutan Huawei. (Foto: Twitter)

New York - Huawei mengatakan bahwa pihaknya belum akan meluncurkan ponsel bersistem operasi Harmony OS pada tahun ini dan masih akan bergantung pada Android buatan Google.

"Kami ingin mempertahankan satu standar, satu ekosistem," kata Wakil Presiden Senior Huawei, Vincent Yang, di New York, Amerika Serikat pekan ini.

Ia juga mengatakan bahwa Harmony OS atau yang dinamai Hongmeng di China adalah akan menjadi pilihan kedua bagi Huawei.

Untuk saat ini Harmony OS akan dimanfaatkan untuk mengotaki televisi cerdas dan jam tangan pintar yang rencananya akan segera diluncurkan oleh Huawei.

Meski demikian Yang tidak menutup kemungkinan akan menggunakan Harmony OS untuk ponsel-ponselnya jika pemerintah AS memutuskan untuk melarang Huawei mengakses Android dan layanan Google lainnya seperti Google Maps dan Play Store.

"Kita tidak akan pernah tahu," pungkas dia.

Pada awal pekan ini, Kementerian Perdagangan AS, kembali memberi kelonggaran untuk Huawei dengan mengizinkan produsen ponsel terbesar kedua di dunia itu membeli komponen serta mengakses peranti lunak buatan perusahaan AS.

Itu artinya Huawei masih bisa menggunakan Android serta software Google lainnya sampai November nanti. Sebelumnya pada Mei, Huawei diberi waktu sampai Agustus untuk mengakses Google dan produk-produknya. 

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews