Bentrok Demonstran-Polisi Pecah di Bandara Hong Kong

Bentrok Demonstran-Polisi Pecah di Bandara Hong Kong

Kericuhan antara polisi dengan demonstran di Bandara Hong Kong. (Foto Reuters via CNA)

Hong Kong - Demonstrasi di Hong Kong kembali berlanjut setelah sebelumnya sempat reda. Demonstran menduduki bandara dan terlibat bentrokan dengan polisi setempat pada Selasa (13/9/2019) malam.

Beberapa kendaraan polisi diadang oleh pengunjuk rasa. Kondisi ini membuat polisi antihuru-hara masuk, mendorong beberapa demonstran menggunakan semprotan merica.

Dalam serangkaian tweet sekitar pukul 11 ​​malam, polisi Hong Kong mengatakan demonstran telah menghalangi penumpang yang hendak bepergian melalui bandara internasional di kota bekas koloni Inggris itu.

Padahal, penumpang membutuhkan perhatian medis segera, tetapi para pengunjuk rasa malahmenghalangi petugas ambulans untuk memberikan bantuan medis.

"Seorang pengunjung diserang dan saat ini sedang dikepung oleh sekelompok besar pengunjuk rasa di Bandara Internasional Hong Kong," kata polisi. 

"Dia membutuhkan perhatian medis segera, tetapi para pengunjuk rasa yang bersangkutan telah menghalangi petugas ambulans untuk memberikan bantuan medis." Demikian dilaporkan Channel News Asia.

Otoritas Bandara Hong Kong mengatakan demonstrasi di bandara telah "sangat terganggu".

"Peserta majelis publik memblokir semua jalan masuk ke area bandara yang dibatasi, dan penumpang tidak dapat melanjutkan untuk pergi melalui prosedur imigrasi," kata pejabat bandara dalam sebuah pernyataan. 

"Ada juga banyak perselisihan antara demonstran dan penumpang di gedung terminal."

Ratusan penerbangan dibatalkan atau ditangguhkan pada hari Selasa ketika demonstrasi di hub penerbangan memasuki hari kelima.

Semua check-in dibatalkan pada Selasa sore, dengan beberapa penerbangan terus beroperasi selama sisa hari itu.

Ribuan pengunjuk rasa membuat barikade menggunakan troli untuk mencegah penumpang melewati gerbang keamanan. Beberapa membentuk rantai manusia, menghubungkan lengan untuk menghentikan penumpang dari mencapai area keberangkatan.

(dod)