Garuda Rute Batam-Beijing Batal Terbang Perdana Malam Ini

Garuda Rute Batam-Beijing Batal Terbang Perdana Malam Ini

Ilustrasi.

Batam - Penerbangan langsung dari Bandara Hang Nadim (BTH) Batam ke Capital Airport Beijing, China (PEK) yang rencananya digelar pada Kamis (1/8/2019) batal dilaksanakan. 

Sebelumnya penerbangan ini, rencananya rute Jakarta - Batam - Beijing akan mulai terbang nanti malampukul 23.40 WIB, menggunakan maskapai Garuda Indonesia. Sejauh ini, belum diketahui alasan pasti pembatalan penerbangan perdana ini.

Kepala Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso mengatakan, penerbangan langsung Indonesia - China ini rencananya akan dibuka setiap Selasa dan Kamis, serta berlangsung selama 7 jam 15 menit dari Batam.

"Izinnya sudah ada, dan mereka juga sudah mengirimkan jadwal rutin ke kami," kata Suwarso, Kamis (1/8/2019).  

Penerbangan Batam - Beijing menggunakan pesawat tipe Boeing seri 737-800 New Generation yang berkapasitas 174 kursi penumpang, dengan 12 kursi eksekutif, dan 162 kursi ekonomi. 

Batam dipilih untuk menjadi jalur singgahan dari Jakarta untuk penerbangan langsung ke Beijing, karena Jakarta untuk traffic penerbangan malam sudah penuh, sedangkan kondisi Batam justru sebaliknya. Saat jam malam jalur penerbangan Batam hanya digunakan untuk test flight dan parkir pesawat saja. 

"Ini mereka sendiri yang hubungi kita karena kalau malam traffic Jakarta padat. Tapi memang sejak lama kami sudah pernah minta," ujarnya. 

Sebelum batal, penerbangan perdana nanti malam, Garuda akan menerbangkan penumpang 90 orang dari Jakarta dan belum ada penumpang dari Batam. Pesawat berangkat dari Jakarta pukul 20.20 WIB dan tiba di Batam pukul 22.10 WIB. 

Selain belum adanya penumpang pada jalur perdana ini, pada salah satu situs jual beli tiket pesawat online, juga menunjukkan bahwa belum ada penjualan tiket pesawat untuk Batam - Beijing. Bahkan singgahan dari Jakarta ke Batam yang akan transit selama 1 jam 30 menit ini hanya sebagai tempat pemberhentian saja. 

Menanggapi hal ini, perwakilan Maskapai Garuda Indonsia, Batam, Fahrial Fauzi mengatakan, saat ini untuk penerbangan Batam - Beijing masih dalam pembahasan oleh tim di Jakarta.

Bahkan untuk penerbangan nanti malam, tim regional Batam masih menunggu informasi apakah akan jadi ada penerbangan atau tidak.

"Ini belum final. Masih belum diputuskan, yang nanti malam pun juga belum tentu jadi, itu saat ini sedang dibicarakan, jadi kami juga masih belum bisa berikan informasi," pungkasnya. 

(das)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews