CISC Batam Ajak Masyarakat Cegah Kanker dengan Hal Ini

CISC Batam Ajak Masyarakat Cegah Kanker dengan Hal Ini

Suasana pemotongan tumpeng peringatan HUT CISC ke-9. (Foto: Margaretha/Batamnews)

Batam - Sering sekali penderita kanker tidak menyadari penyakitnya sejak awal. Hal itu juga didukung dengan gejala awal yang sering sekali tak tampak.

Oleh karena itu, Cancer Information & Support Center (CISC) Batam mengadakan seminar dengan tujuan untuk memberikan edukasi mengenai penyakit kanker ini. Seminar ini juga sebagai peringatan hari ulang tahun (HUT) CISC ke-9.

Sebagai narasumber,  dr. Toto Imam Soeparmono Sp.OG.K.Onk, dokter spesialis kebidanan dan kandungan serta konsultan onkolog (kanker) mengatakan, kanker tidak timbul secara mendadak, melainkan perlahan sehingga gejala awalnya sering kali tidak tampak.

"Bahkan kanker itu bukan dari tuhan melainkan manusia itu sendiri, lebih murah mencegah daripada mengobati," ujar dr. Toto, ujarnya di seminar yang berlangsung di Swisbel Hotel Harbourbay, Jumat (26/7/2019).

Salah satu yang sering sekali tidak diperhatikan, adalah saat mengunjungi kota lain, dan mencoba kuliner disana. Tidak diketahui apakah makanan atau minuman itu sehat atau tidak.

"Kebanyakan kita cari makan enak dan murah tak pernah berfikir apakah makanan itu sehat atau tidak," tuturnya.

Menurut Toto, bisa saja makanan yang dimakan bisa saja mengandung banyak karsinogen, yang mana merupakan penyebab kanker.

Penyakit tersebut kata dia bisa dari yang masuk dari mulut. Apalagi makanan yang mengandung pengawet.

"Seperti zat kimia pewarna, pengawet, perasa, dan zat kimia lainnya,” katanya.

Dengan begitu, mengkonsumsi produk makanan, minuman ataupun kosmetik yang alami merupakan cara yang terbaik menghindari kanker.

Penyebab kanker lainnya kata Toto berasal dari pancaran radiasi handphone yang dapat terkena ke otak.  "Hp memancarkan radiasi! jangan korbankan otak dengan radiasi hp," kata dia.

Sementara itu, Pengurus CISC pusat, Sri Suharti berharap dengan adanya kegiatan ini, tak ada lagi kanker stadium lanjut di Batam. Dan CISC Batam mampu menjadi teman masyarakat di Batam.

"Di Batam sendiri programnya sudah banyak. Sudah sesuai dengan program-program yang digariskan oleh Pemerintah," ujarnya.

Ketua Panita Acara HUT CISC Ke-9, Tuti Bastoni juga turut mengharapkan CISC Batam dapat bermanfaat ke masyarakat. Untuk penderita yang ada di Batam dapat bergabung dengan CISC Batam.

"Supaya kami juga lebih dapat memotivasi. Karena selama ini kami juga tidak tahu penderita itu dimana saja karena masih banyak yang tertutup. Mereka beranggapan kalau sakit kanker itu adalah kutukan. Dengan adanya CISC masyarakat bisa semakin terbuka," katanya.

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews