NasDem Lahir Batin Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024

Pertemuan Ketum Partai NasDem Surya Paloh dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: merdeka.com)



Jakarta - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Gubernur Anies Baswedanmakan siang bersama di kantor DPP NasDem, Rabu (23/7/2019). Surya mengatakan, pertemuan itu adalah sebagai abang dan adik karena Anies merupakan anggota keluarga NasDem.

Usai pertemuan, Surya menyarankan Anies untuk mengoptimalkan kualitasnya. Kata dia, selama memimpin Jakarta, Anies baru mengeluarkan potensi dengan nilai lima dari sepuluh. Karenanya, Surya mengatakan, siap mendukung Anies mengoptimalkan potensi tersebut.

"Tugas abang dengan niat baik nawaitu berikan dukungan, dorongan, agar potensi dirinya belum dikeluarkan semuanya ini, sudah saatnya ke depan. Doa dan harapan ini mengiringi perjalanan dia, agar bisa memberikan suatu hal yang lebih berarti bagi kemaslahatan kita sebagai satu bangsa," ujar Surya saat jumpa pers.

NasDem, menurut Surya, siap mendukung Anies di Jakarta baik secara politik, lahiriyah dan batiniyah. Surya juga mengatakan, siap mendukung Anies apabila maju pada Pilpres 2024 bila mantan Mendikbud itu menyatakan siap.

"Ya pastilah (dukung Anies), lahiriyah batiniyah. Tergantung Anies," kata Paloh.

"Insyaallah semuanya sejalan dengan arah partai. Insyaallah apabila semua seperti kita harapkan, dukungan tidak hanya datang dari satu kelompok, termasuk satu institusi partai politik seperti NasDem," ujar Surya.

Namun, NasDem tidak bisa sendirian mengusung Anies untuk maju sebagai calon presiden. Perlu ada dukungan partai politik lain.

"Kita mengharap dukungan para pihak untuk anak-anak bangsa yang memenuhi kapasitas dan kapabilitas pemimpin negeri ini," kata dia.

Menanggapi pernyataan tersebut, Anies mengatakan masih mengurus Jakarta untuk saat ini. Diketahui, masa jabatan gubernur Anies akan habis pada 2022.

"Saya bilang saya lagi urus Jakarta," ujar Anies.

"Jadi potensi ada, konsentrasi untuk urus Jakarta," timpal Surya.

Jamuan makan siang Anies dan Surya berlangsung sampai kurang lebih dua jam. Anies tiba sekitar pukul 11.45, sampai sekitar pukul 13.50. Anies mengatakan pertemuan itu lebih banyak bicara terkait tugasnya memimpin Jakarta.
 

(*)