Disperindag Karimun Siapkan Bazar Murah Pekan Depan

Disperindag Karimun Siapkan Bazar Murah Pekan Depan

Bupati Karimun Nurdin Basirun saat menggelar sidak harga sembako di Pasar Bukit Tembak, Meral, Karimun, Selasa (23/6/2015). (Foto: Yon)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Pemerintah Daerah Karimun akan mengadakan bazar sembako murah. Bazar tersebut akan digelar pada pekan mendatang. Ketua TPID (Tim Pengendalian Inplasi Daerah), TS Arif Fadillah mengatakan, kegiatan itu akan dilakukan Dinas Koperasi, UKM, Perindag Pemkab Karimun. 

Sebab, sudah menjadi agenda tahunan dimana setiap hari besar, selalu diadakan bazar murah sembako di sejumlah tempat.

“Bazar sembako murah kemungkinan pekan depan kita laksanakan. Sedangkan, pasokan pangan sudah dijamin cukup hingga usai lebaran nant,’’ ujar Arif yang juga Sekretaris Daerah Pemkab Karimun, Selasa (1/7/2015).

Lanjutnya, Pemda Karimun dalam menekan inflasi daerah yang terjadi selama Ramadan dan Lebaran nanti, salah satunya bagaimana alur distribusi barang pangan yang dibutuhkan masyarakat Karimun selama Ramadan dan Lebaran nanti berjalan lancar. 

Selain itu juga dilakukan pemantauan harga oleh TPID itu sendiri, baik sembako maupun bahan-bahan pangan lainnya.

'Alhamdulillah, sampai sekarang pendistribusian pangan aman. Dengan tiga kali dalam seminggu, pengoperasian Roro cukup terbantu pendistribusian pangan yang didatangkan luar daerah. Seperti, Pekanbaru, Padang dan lainnya, selain itu melalui jalur kapal juga lancar,' ujarnya.

Namun demikian, ada beberapa komoditi pangan yang terjadi kenaikan, akan tetapi belum berpengaruh terhadap pasokan pangan itu sendiri. Bahkan, ada beberapa komoditi yang turun harganya seperti ikan segar, sedangkan yang komoditi naik sayur, bumbu, tomat, telor, cabai merah dan ayam. 

'Setelah dilakukan peninjauan kelapangan, bersama Pak Bupati beberapa waktu lalu. Emang ada kenaikkan dibeberapa komoditi, namun tidak terlalu tinggi. Dan saya menghimbau kepada masyarakat, agar tidak panik serta jangan membeli berlebihan kebutuhan pangan. Sebab, pasokan mencukupi hingga lebaran nanti jadi jangan khawatir,' kata dia.

Sedangkan, lembaga penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM), baik itu SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) yang ada di Poros maupun di Sungai Raya dan pangkalan APMS (Agen Premium dan Minyak Solar) diminta pada malam takbiran nanti tetap buka hingga pukul 23.00 WIB. Selanjutnya, disaat pada hari pertama hari raya Idul Fitri, juga akan tetap beroperasi untuk kedua SPBU tersebut yang dimulai pada pukul 10.00 WIB.

 

[yon]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews