Pesawat Hercules Jatuh di Medan

Insiden Pesawat Hercules, Jokowi: Harus Ada Perombakan Mendasar Alutsista TNI

Insiden Pesawat Hercules, Jokowi: Harus Ada Perombakan Mendasar Alutsista TNI

Puing pesawat Hercules yang jatuh di Medan, Sumatera Utara

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta  - Presiden Joko Widodo (Jokowi)  bereaksi cepat setelah pesawat Hercules C-130 dengan nomor register A1310 milik TNI AU jatuh di Medan.

Presiden segera memerintahkan Menteri Pertahanan dan Panglima TNI melakukan perombakan besar-besaran terkait manajemen alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI.

"Saya memerintahkan Menteri Pertahanan dan Panglima TNI melakukan perombakan mendasar tentang manajemen alutsista TNI," ujar Presiden Jokowi melalui akun resmi facebook Presiden Joko Widodo, Rabu (1 Juli 2015).

Presiden mengatakan sistem pengadaan alutsista harus diubah. Tidak lagi membeli senjata melainkan bergeser ke modernisasi sistem persenjataan.

"Industri pertahanan kita harus terlibat mulai rancang bangun, produksi, operasional, latihan, pemeliharaan, hingga pemusnahan alutsista yang sudah tua," kata Jokowi.

Yang terpenting, kata Presiden, pengadaan alutsista harus diarahkan menuju kemandirian industri pertahanan. Dengan begitu, kesiapan operasi alutsista TNI dapat sepenuhnya dikendalikan.

"Saya juga ingin TNI memperkuat Zero Accident untuk penggunaan alutsista. Pesawat tempur, pesawat angkut, kapal perang, kapal selam, hingga helikopter, serta perwira dan prajurit TNI yang mengawakinya harus berada dalam kesiapan operasional yang tinggi," ungkap Presiden.

Lebih lanjut, Presiden mengucapkan terima kasih kepada tim evakuasi yang telah sigap menjalankan proses evakuasi para korban insiden jatuhnya pesawat Hercules. Proses evakuasi dan identifikasi merupakan hal yang harus menjadi prioritas untuk dilakukan.

"Investigasi mendalam soal penyebab kecelakaan segera kita lakukan," kata Presiden.

[dream.co.id]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews