Hebat! Indonesia Bakal Jadi Pengguna Pertama Sukhoi Su-35 di Luar Rusia

Hebat! Indonesia Bakal Jadi Pengguna Pertama Sukhoi Su-35 di Luar Rusia

Pesawat Sukhoi Su-35. (foto: ist net)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Keinginan TNI Angkatan Udara untuk membeli Su-35 Flanker E guna menggantikan F-5 Tiger mendapat jalan setelah direstui DPR dan pemerintah. Pemerintah akhirnya memutuskan membeli satu skuadron pesawat tempur generas 4++ buatan Rusia. Berarti Indonesia bakal jadi negara pertama di luar Rusia yang jadi pengguna pesawat super canggih ini.
 
Juru bicara Kementerian Pertahanan Brigadir Jenderal Djundan Eko tidak menampik mengenai rencana pembelian jet tempur Su-35. Djundan menyebut jet tempur Su-35 memang sudah masuk ke dalam daftar belanja untuk anggaran tahun 2015-2019.

Su-35 akan mengganti pesawat F-5 Tiger buatan Amerika Serikat yang kian uzur dan segera dikandangkan.

Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhail Y. Galuzin, membenarkan sudah dihubungi perwakilan Indonesia mengenai rencana peremejaan alat tempur TNI AU. Galuzin menyebut alutsista yang akan dibeli Indonesia yakni satu skuadron (16 unit) Sukhoi Su-35. "Kami berharap kesepakatan pembelian Sukhoi Su-35 bisa terjadi," ungkap Galuzin.

Mikhail Galuzin menjelaskan bila hal tersebut sudah masuk tahap yang lebih serius. Kendati begitu, soal kapan kesepakatan pembelian SU-35 bisa terjalin, dia sedikit menghindari dengan alasan isu tersebut bersifat internal.

"Jika ditanya sejauh mana, hal itu belum bisa diungkap ke publik, namun kerjasama seputar hal tersebut terus menuju ke arah yang positif," kata Galuzin ketika ditemui di kediamannya, Jakarta, Kamis, (25/6/2015) seperti dilansir merdeka.

Satu unit Su-35 diprediksi bernilai USD 65 juta atau setara Rp 844 miliar. Nominal itu lebih murah dibandingkan jet tempur buatan Amerika Serikat, F-16 yang harga jualnya per unit mencapai USD 165 juta atau Rp 2,1 triliun.

Su-35 merupakan model terbaru dari Su-27M Flanker, di mana terdapat peningkatan terhadap kemampuan superioritas tempur udara dan didesain agar bisa menembak berbagai target dengan menggunakan peluru kendali maupun non-kendali.
 
Pesawat ini merupakan jet tempur multiperan generasi ke-4++ yang telah dimodernisasi dan memiliki kemampuan manuver yang luar biasa. Dengan menggunakan teknologi generasi kelima, jet tempur ini lebih unggul dibanding semua pesawat tempur lain di kelasnya.

Pesawat turunan dari Su-27 ini mampu melakukan manuver yang tidak bisa dilakukan oleh pesawat tempur lainnya yakni, berhenti seketika di udara, mampu terbang cepat di ketinggian dan bisa membawa banyak rudal udara ke udara.

Pesawat dengan tempat duduk tunggal ini juga dilengkapi sistem avionik canggih dan memiliki kecepatan supersonik sekitar 1,5 mach yakni dua kali kecepatan suara dan dianggap mampu melampaui pesawat tempur siluman generasi kelima F-22 Raptor buatan Amerika Serikat
 
Su-35 juga bisa melesat hingga 2.390 km/jam dan mampu menempuh jarak hingga 4.500 km, sedangkan kecepatan maksimal F-22 mencapai 2.410 km/jam dengan jarak tempuh 2.000 km. Kedua pesawat ini dilengkapi dua buah tangki bahan bakar.
 
(ind/bbs/merdeka)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews