Jenazah Sutopo Purwo Nugroho Dimakamkan di Boyolali

Jenazah Sutopo Purwo Nugroho Dimakamkan di Boyolali

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia (Foto:net)

Jakarta - Jenazah Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho akan dipulangkan dari China hari ini. Jenazahnya akan dimakamkan di Boyolali, Jawa Tengah.

"Untuk pemakaman, permintaan dari bapak-ibu pak Topo itu dimakamkan di Boyolali. Permintaan Pak Topo sendiri dimakamkan di Pondok Ranggon. Jadi istrinya pak Topo mengikuti keinginan dari orangtua Pak Topo, jadi opsi pertama adalah di Boyolali," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo saat dihubungi, Minggu (7/7/2019).

Sutopo tutup usia di Guangzhou, China Minggu dini hari pada pukul 02.00 waktu setempat. Sutopo meninggal dalam perjuangannya melawan kanker paru-paru. Ia didiagnosis di sekitar awal Desember 2017.

Baca: Sutopo Purwo Nugroho Meninggal Dunia

Sutopo terbang ke Guangzhou pada Juni 2019 lalu. Doni mengatakan BNPB telah berusaha maksimal demi kesembuhan Sutopo hingga mengirim Sutopo ke negeri tirai bambu itu.

"Pak Topo diberangkatkan ke Guangzou karena beberapa pasien kanker itu sembuh di Guangzhou, setelah melewati di beberapa tahun pengobatan di Jakarta, di beberapa rumah sakit," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) juga memfasilitasi pemulangan jenazah Sutopo. KJRI di Guangzhou saat ini tengah melakukan proses untuk pemulangan jenazah.

"Mudah-mudahan bisa diproses hari ini ya, lagi diproses oleh KJRI kita di Guangzhou," ujar Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah saat dihubungi sebelumnya.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews