Disnaker Bintan Gandeng BBPLK Medan Gembleng Pencari Kerja

Disnaker Bintan Gandeng BBPLK Medan Gembleng Pencari Kerja

Ilustrasi.

Bintan - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Bintan terus melakukan terobosan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pencari Kerja (Pencaker) di Kabupaten Bintan.

Terobosan itu dengan menjalin kerjasama dengan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut). 

Lembaga ini akan membina dan melatih para pencaker asal Bintan selama 1 bulan agar keahlian yang dimiliki semakin berkualitas dan tersertifikasi.

Kepala Disnaker Bintan, Indra Hidayat mengatakan peluang kerja di Kabupaten Bintan sangatlah besar. Sebab pembangunan di sektor pariwisata dan industri terus berkembang setiap tahunnya.

"Namun sayangnya tenaga khusus yang dibutuhkan oleh perusahan-perusahan sangat minim," ujar Indra, kemarin.

Agar pencaker dapat diterima oleh perusahan-perusahan serta tersertifikasi. Pihaknya membuka peluang bagi warga Kabupaten Bintan yang ingin dilatih agar keahliannya semakin berkualitas oleh BBPLK Kota Medan.

"Ini peluang besar bagi warga Bintan untuk meningkatkan keahlian tenaga kerja. Sejauh ini sudah banyak yang mendaftar dan mereka akan kami kirim ke Medan untuk dilatih," jelasnya.

BBPLK Kota Medan membuka pelatihan di 2 bidang yaitu bangunan dan pariwisata. Untuk bidang bangunan ada 9 jurusan yaitu drafter arsitektur, estimator bangunan gedung, tukang ukur survei pemetaan, tukang finishing teknik oles, tukang finishing teknik semprot, pelaksanaan lapangan pekerjaan gedung, tukang baja ringan, cabinet maker dan tukang kayu.

Sedangkan bidang pariwisata ada 14 jurusan antara lain commercial cookery, pelayanan, bartender, front office agent, front office porter, house keeping attendant, laundry person, pramuwisata, ticketing, commercial catering, bakery, commercial pastry, tour leader dan tour guide.

"Kemarin kita diminta mengirimkan utusan untuk mengikuti pelatihan kerja keahlian di bidang bangunan dan pariwisata. Tentunya ini sebuah kesempatan yang sangat bagus. Kami juga sedang menjajaki kerjasama lainnya untuk magang sebelum benar-benar terjun ke lapangan," ucapnya.

Fasilitas yang akan didapatkan oleh peserta selama dilatih oleh lembaga ini cukup banyak. Mulai dari transportasi pulang pergi (pp), asrama, makan, pakaian pelatihan, laundri pakaian, sepatu, asuransi, sertifikat pelatihan dan sertifikat sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). 

(ary)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews