Kemana Sandiaga Berlabuh Usai Kalah Pilpres?

Kemana Sandiaga Berlabuh Usai Kalah Pilpres?

Sandiaga Uno (Foto:ist/voffice)

Jakarta - Sandiaga Uno yang sebelumnya maju sebagai cawapres kini tak lagi punya partai politik setelah sebelumnya memutuskan keluar dari Partai Gerindra. Ke mana Sandi akan berlabuh setelah pilpres?

Sandiaga sebelumnya menanggalkan jabatannya sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ketika memutuskan berlaga di Pilpres 2019. Partai Gerindra mengaku terbuka jika Sandi memutuskan kembali.

"Ya itu kembali ke Pak Sandi ya. Yang jelas kan beliau sekarang secara formal bukan bagian dari Gerindra," kata Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman saat dikonfirmasi, Senin (1/7/2019).

Meski demikian, Habiburokhman tak mempermasalahkan jika Sandiaga pada akhirnya berlabuh ke partai lain.

"Itu hak beliau kalau beliau mau masuk Gerindra lagi ya diterima dengan tangan terbuka. Kalau toh mau ke PAN ya silakan saja," katanya.

Lalu, apa kata PAN soal isu Sandiaga akan merapat? Waketum PAN Totok Daryanto mengatakan ada mekanisme panjang jika tokoh luar ingin menjadi bagian dari partai berlambang matahari putih itu.

Totok menyebut belum ada pembicaraan formal di antara petinggi PAN soal isu Sandiaga bergabung ke partai. Meski demikian, dia tidak bisa memastikan jika ada pembicaraan personal antara Sandi dengan elite PAN terkait hal ini. Dia juga menepis isu kalau PAN sudah menyiapkan kartu tanda anggota (KTA) untuk Sandiaga.

"Dan kenapa tiba-tiba ada pikiran harus dipimpin oleh Mas Sandi, misalnya, itu juga belum dipertimbangkan oleh kader-kader partai. Belum disosialisasikan. Kalau kamu tanya apa sudah ada KTA disiapin, ya belum ada lah," sebut Totok.

"Kalau mungkin (pembicaraan) secara pribadi bisa saja, kan yang namanya komunikasi di antara elite politik itu ya banyak kemungkinan yang bisa. Tapi secara formal itu belum ada lah, dan belum dibahas secara khusus di dalam partai ini belum dibahas," tutur anggota DPR itu.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews