Tarif Roro Tak Mengalami Kenaikan Jelang Lebaran

Tarif Roro Tak Mengalami Kenaikan Jelang Lebaran

Salah satu pelabuhan roro di Kepulauan Riau.

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Batam memastikan tidak ada kenaikan tarif roll on roll off (roro) saat musim mudik lebaran Idul Fitri 1436 Hijriyah pada pertengahan Juli 2015.

"Tarifnya tetap. Tidak ada kenaikan tarif untuk semua rute," kata Kepala PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Batam, Dadag Wijanarko di Batam.

Ia mengatakan, tarif penyeberangan penumpang dan kendaraan dari Pelabuhan ASDP Telaga Punggur Batam mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah tergantung dari rutenya.

Tarif yang diberlakukan tersebut, kata dia, sesuai dengan penyesuaian pada awal Januari 2015 saat terjadi kenaikan BBM bersubsidi termasuk untuk angkutan umum.

"Meskipun tarif tidak naik, kami tetap akan meningkatkan pelayanan penyeberangan hingga malam hari khususnya saat mendekati Lebaran Idul Fitri ini," kata dia.

Jalur pelayaran roro yang berada dibawah kendali PT ASDP Cabang Batam adalah Telaga Punggur, Batam ke Tanjung Uban Pulau Bintan. Telaga Punggur-Dabo Lingga, Telaga Punggur-Tanjung Balai Karimun. Selanjutnya Tanjungpinang-Tanjung Balai Karimun dan Tanjungpinang Dabo Lingga.

"Jika sudah terjadi kepadatan menjelang Lebaran, kapal khususnya rute Batam-Tanjung Uban tidak akan menggunakan sistem jadwal. Kapal akan langsung diberangkatkan jika sudah penuh," kata Dadag.

Jika sampai jam operasional normal (pagi-sore) calon penumpang belum habis, kata Dadag, maka pelayaran akan dilayani hingga seluruh calon penumpang teranggkut.

"Mulai H-7 Lebaran Idul Fitri, truk-truk ekspedisi juga dilarang melintas. Kecuali mengangkut sembako. Tujuannya agar seluruh penumpang mudik terangkut," kata dia.

Saat ini, kata dia, akses masuk ke Pelabuhan ASDP Telaga Punggur juga tengah diperlebar agar tidak terjadi penumpukan saat kendaraan hendak masuk atau keluar khawasan pelabuhan.

sumber: antara

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews