Penjualan Huawei Malah Meningkat di Tengah Tekanan dari AS

Beijing - Meski mendapat tekanan kuat dari Amerika Serikat, Huawei mengumumkan telah menjual lebih dari 10 juta unit smartphone seri P30 hanya dalam waktu 85 hari setelah perilisannya. 

Tak hanya itu, seri Huawei P30 Pro juga mendapat peghargaan "Smartphone Terbaik" dari European Hardware Awards pada akhir Mei lalu. Penghargaan tersebut disabet berkat teknologi kamera SuperSpectrum dan SuperZoom yang tersemat dalam smartphone Huawei dan disebut-sebut sebagai inovasi besar oleh lebih dari 100 pengamat teknologi. 

Seperti diketahui, penjualan produk-produk Huawei yang meningkat ini membuktikan bahwa perusahaan asal China itu tetap dapat bertahan di pasar meski mendapat larangan dari pemerintah Amerika Serikat dan sejumlah negara sekutu AS lainnya. 

Mengutip 91mobiles, Huawei juga mengumumkan telah mengirim sebanyak 100 juta produk SuperCharge yang mencakup smartphone, power bank, dan pengisi daya yang mendukung teknologi pengisian cepat. 

Huawei Watch GT pun memecahkan rekor penjualannya sendiri sejak diluncurkan pada bulan Oktober tahun lalu. Huawei berhasil menjual lebih dari 2 juta unit dan menjadikannya smartwatch Huawei paling populer. Keberhasilan Huawei dalam penjualan ini pun juga diumumkan melalui akun Twitter resmi @HuaweiMobile pada 27 Juni lalu.

Perusahaan asal China itu juga dilaporkan telah mengirim 5 juta unit dalam tiga bulan pertama di tahun 2019 ini. Menurut laporan IDC penjualan smartwatch tersebut memiliki pertumbuhan 282 persen dari tahun ke tahun. Dilansir dari 91Mobiles, Huawei kini menjadi pembuat smartwatch yang menduduki posisi Top 3. 

(*)