Entas Kemiskinan di Kepri, Pemprov Rancang Sikopi Untuk Bantuan Tepat Sasaran

Entas Kemiskinan di Kepri, Pemprov Rancang Sikopi Untuk Bantuan Tepat Sasaran

Nurdin Basirun saat meresmikan aplikasi Sikopi oleh Dinsos. (Foto: ist)

Tanjungpinang - Dinas Sosial Provinsi Kepri meluncurkan aplikasi untuk mendata fakir miskin yang ada di Kepulauan Riau.

Aplikasi yang dinamakan "Sikopi" atau Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Provinsi Kepri itu dilucurkan langsung oleh Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Senin (17/7/2019).

Diakibatkan jadwal kegiatan yang padat aplikasi Sikopi Dinas Sosial tersebut diresmikan Nurdin setelah mendarat di Bandara Hang Nadim. Orang nomor satu Kepri ini baru selesai kunjungan kerja di Natuna.

Nurdin mengatakan, Sikopi merupakan sistem yang dapat membuat data masyarakat miskin di Provinsi Kepri lebih akurat. Aplikasi ini disebut sebagai proyek perubahan yang istimewa karena belum pernah dibuat selama ini di Provinsi Kepri.

"Saya bangga karena proyek ini istimewa. Saya berharap, aplikasi Sikopi ini benar-benar memberikan kontribusi pada Kepri dan Indonesia pada umum," ujar Nurdin.

Turut hadir menyaksikan peluncuran itu Sekretaris Daerah Kepri, T.S Arif Fadillah, kepala Dinas Kesehatan Kepri Tjetjep Yudiana,  Kepala Dinas Sosial Kota Batam, Ketua LAM Kepri, Ketua MUI Kepri, Anggota Tagana Kepri, tokoh masyarakat dan relawan pendamping Dinas Sosial.

Data kemiskinan di Kepri sempat menjadi sorotan Anggota DPRD Provinsi Kepri Burhanudin Nur. Ketika reses ke Kota Batam ditemukan banyak data kemiskinan yang tidak benar termasuk dari BPS sendiri.

"Memang ditemukan orang yang pakai mobil punya kendaraan kok menerima bantuan beras untuk orang miskin," kata Burhan beberapa waktu lalu.

(tan)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews