Kapal Pesiar Star Clipper Bawa 74 Wisatawan dari 13 Negara Berlabuh di Batam

Kapal Pesiar Star Clipper Bawa 74 Wisatawan dari 13 Negara Berlabuh di Batam

Kapal Pesiar Star Clipper Bersandar di Batam (Foto:ist/merdeka)

Batam - Kapal cruise berbendera Malta, Star Clipper, singgah di Batam, Kepulauan Riau. Persisnya, di sekitar perairan Pulau Putri, Jumat (7/6/2019). Dinahkodai Sergey Tunikov asal Rusia, kapal ini membawa 74 penumpang dari 13 negara.

Sergey memimpin langsung prosesi penurunan penumpang Star Clipper yang lego jangkar di perairan Nongsa. Kurang lebih setengah mil laut dari Nongsa Point' Marina.

Sebelum tiba bersama para penumpang, Sergey menerima petugas CIQP yang mendatanginya langsung ke lambung Star Clipper untuk melakukan pemeriksaan data dan manives kapal.

"Its done and cleared. Now time to explore Batam," katanya ketika dicegat di pintu kedatangan Nongsapura dilansir dari Merdeka.com, Minggu (9/6/2019).

Setelah melalui pos pemeriksaan imigrasi, puluhan turis tersebut menyebar ke beberapa titik destinasi Batam seperti kawasan Jodoh (Nagoya). Sebagian lagi bertandang ke Nongsa Point Marina.

Bertolak dari Melaka, Star Clipper lego jangkar selama beberapa jam di Batam. Kemudian bertolak ke Singapura sekitar pukul 18.00. Selanjutnya, cruise ship bertipe tall atau kliper ini akan melanjutkan perjalanan ke Belitung, dan terakhir menjejak ke Benoa, Bali, pada tanggal 22 Juni mendatang.

Kadisbudpar Batam Ardi Winata mengatakan, kehadiran Star Clipper bagi Batam menorehkan sejarah baru. Sebab, ini menjadi yang pertama singgah sejak hampir satu dekade 'absen'. Terakhir, Batam disandari kapal cruise tahun 2010. Sejak itu, tidak ada satu pun kapal berkategori serupa yang menyambangi dan lego jangkar di laut Batam.

"Tahun ini, mereka hanya singgah beberapa jam. Tapi ini bersejarah buat kita, setelah hampir sepuluh tahun Batam absen didatangi kapal pesiar. Tahun depan, kita plan lebih bagus. Minimal dua hari. Jadi mereka bisa meng-eksplore ke lebih banyak titik di Batam," ujarnya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani menyatakan, kehadiran Star Clipper bak oase bagi Batam. Ia berharap kehadirannya menstimulus kapal-kapal cruise lain untuk segera mendeklarasikan perairan Batam sebagai cruise ship playing ground. Menyaingi Bintan yang sejak beberapa bulan terakhir rutin dikunjungi kapal cruise.

Dari sisi 'number', cruise ship passenger bakal berkontribusi besar dan dianggap sebagai jalan pintas paling realistis untuk mendongkrak tourist arrivals. Sebab, dalam satu ship call saja, mampu membawa setidaknya dua hingga tiga ribu orang.

"Ini menjadi tugas besar kita bersama. Karena faktanya, mendatangkan cruise memang gak semudah membalikkan telapak tangan," jelasnya, didampingi Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Dessy Ruhati.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, Batam memang sudah menjelma menjadi destinasi wisata yang menyenangkan. Bukan hanya bagi wisatawan nusantara, tetapi juga wisatawan mancanegara. Maklum, pulau ini sangat strategis. Posisinya berada persis di Selat Melaka yang merupakan laluan laut nomor dua tersibuk di dunia.

"Akses menuju Batam sudah terbuka lebar. Wisatawan dapat dengan mudah menuju Batam. Saat ini enam pintu masuk wisatawan datang ke Indonesia lewat Batam. Lima di antaranya dari pelabuhan laut, dan satu dari bandara. Hadirnya kapal pesiar di Batam akan memberi dampak positif bagi perkembangan pariwisata di daerah tersebut," tegasnya.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews