H-7 Lebaran, Arus Mudik Via Bandara RHF Tanjungpinang Mulai Menggeliat

H-7 Lebaran, Arus Mudik Via Bandara RHF Tanjungpinang Mulai Menggeliat

Petugas Bandara RHF Tanjungpinang memeriksa tiket dua calon penumpang. (Foto: Yogi/batamnews)

Tanjungpinang - Geliat arus mudik di Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah (RHF), sudah mulai tampak pada H-7  menjelang hari raya Idul Fitri, Rabu (29/5/2019). 

Pantauan Batamnews.co.id, sejumlah calon penumpang yang hendak pulang kampung sambil membawa barang-barang dan tas yang cukup besar sudah terlihat mulai ramai, meskipun belum tampak adanya antrean yang memanjang.

"Sudah mulai naik hari ini, di hari biasa sepi penumpang," kata Sari, salah seorang petugas Bandara International RHF.

Sari mengatakan, setiap hari keberangkatan bandara terdapat enam flight yakni Jakarta tiga flight, Dabo Singkep satu flight, Kota Batam satu flight, dan ke Pekanbaru satu flight. 

Sedangkan untuk kedatangan terdapat tujuh penerbangan uakni Jakarta tiga flight, Pekanbaru satu flight, Kota Batam satu flight, Dabo Singkep satu flight, dan menuju Matak Anambas satu flight. 

Jumlah penumpang pesawat juga ditampilkan di posko monitoring Angkasa Pura II.

Terlihat dari data keberangkatan penumpang diperkirakan mengalami kenaikan hingga penerbangan terakhir. Hingga siang ini jumlah penumpang berangkat melalui RHF sudah 589 orang. Sedangkan masih ada satu keberangkatan lagi menuju Pekanbaru diperkirakan 50 penumpang. 

Sehingga total penumpang berangkat berjumlah 639 orang. Jika dibandingkan tahun 2018 jumlah meningkat sekitar 16 penumpang. 

Untuk kedatangan juga mengalami peningkatan. Dari data yang diperlihatkan Angkasa Pura II kedatangan H-7 lebaran ini berjumlah 471 orang. 

Tetapi masih ada dua flight kedatangan lagi diperkirakan 80 orang penumpang, total kedatangan 551 orang. Dibandingkan tahun 2018, 464 orang kedatangan mengalami kenaikan. 

Untuk pergerakan penumpang di Bandara International RHF total terdapat 1.190 penumpang. Dibandingkan 2018 yaitu 1.087 penumpang artinya mengalami peningkatan 10 persen. 

(tan)