Harga Cabai, Gula dan Ayam Merangkak Naik Jelang Lebaran

Harga Cabai, Gula dan Ayam Merangkak Naik Jelang Lebaran

Harga cabai di Kepri merangkak naik (Foto:ist/MediaIndonesia)

Tanjungpinang - Rapat Koordinasi High Level Meeting Gubernur Kepri, Nurdin Basirun bersama TPID Provinsi Kepri dan TPID kabupaten/kota menemukan beberapa komoditi naik harga jelang lebaran, seperti cabai, gula, ayam ras (pedaging) dan lainnya. 

Orang nomor satu di kepri itu menjelaskan, cabai mengalami kenaikan harga akibat tiket pengiriman di pesawat mahal. Selain itu juga mahalnya sewa gudang yang ada di Bandara.

Namun, beberapa solusi akan dijalankan untuk mengatasi masalah tersebut. "Dua kali kenak, jadi untuk cabai sangat riskan," ujar Nurdin usai rapat di Lantai 4 Kantor Gubernur Kepri.

Selain itu lanjutnya, ayam ras juga mengalami kenaikan harga, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pertenakan. "Kita berharap pedagang tidak terlalu mengambil banyak untung," katanya.

Ia mengaku, laporan dari Natuna, gula juga mahal di daerah tersebut. Pasalnya jarak yang cukup jauh. "Hal itu sudah kita antisipasi juga dengan pihak Bulog untuk mengirim pasokan gula," ucap Nurdin.

Beberapa barang komoditi tersebut memang mengalami kenaikan beberapa hari belakangan. Seperti yang terjadi di Kota Batam, harga cabai di pasar melonjak lebih dari 100 persen dari harga sebelumnya. 

Untuk cabai rawit di pasar Tos 3000, sebelumnya Rp35.000, saat ini sudah mencapai Rp60.000-Rp80.000 per Kg. Sedangkan cabai setan dibanderol hingga mencapai angka Rp100.000 per Kg.

(tan)