Menkes Ingatkan Jamaah Haji Jangan Foto Selfie Bareng Unta

Menkes Ingatkan Jamaah Haji Jangan Foto Selfie Bareng Unta

Ilustrasi. (foto:ist net)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Merebaknya kasus penyebaran penyakit Middle East Respiratory Syndrome (MERS), membuat Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek meminta kepada calon jamaah haji asal Indonesia untuk tidak berfoto bersama hewan unta.

"Saya titip kepada calon haji, jangan foto-foto bareng unta. Jadi enggak ada lagi jamaah haji yang foto dengan unta," katanya saat acara peresmian Cataract Center di Bogor, Minggu (21/6/2015).

Ia mengatakan, penyakit MERS memang rentan menyerang orang berusia lanjut. Ia juga mengimbau kepada calon jemaah untuk selalu menggunakan masker selama beribadah di Mekkah dan berperilaku hidup bersih.

"Untuk pencegahannya ada KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) karantina. Lalu kita jaga dengan scanner, kalau ada wisatawan yang ketahuan demam harus dilaporkan dan dalam waktu 14 hari harus kita observasi," tambahnya.

Sejauh ini, ia belum menerima laporan soal adanya orang Indonesia yang terjangkit MERS. Sedangkan, untuk seorang warga di Surabaya yang dilaporkan terjangkit MERS, hasilnya negatif.

(ind/okz)