Cerita Ketua PPK Sekupang: Sempat Ditawari Ratusan Juta oleh Oknum Caleg

Ketua PPK Sekupang, Kusno. (Foto: Yude/Batamnews)

Batam - Menjadi Ketua PPK pada saat rekapitulasi penghitungan suara pemilu tidaklah mudah. Tekanan moral hingga fisik serta tawaran-tawaran 'jahat' kerap menghampiri.

Hal itu yang dirasakan Ketua PPK Sekupang, Kusno saat menjalani kegiatan penghitungan suara.

Kusno bercerita, pada saat rekapitulasi, beban moral yang dia rasakan sangatlah berat. Tak hanya secara fisik namun juga mental.

Pria 50 tahunan itu sempat jatuh sakit pada hari ketiga dan keempat. Puncaknya dua hari terakhir menjelang penghitungan suara usai.

“Saya sangat drop sekali. Sempoyongan, bawa kendaraan pun oleh dan hampir kecelakaan,” ujar Kusno usai membacakan hasil penghitungan suara di kantor KPU Kota Batam, Sabtu (11/5/2019) pukul 23.30 WIB.

Tidak hanya itu, berbagai tekanan dan intervensi dari partai-partai politik pun harus dia hadapi. Tawaran uangpun sempat dia terima, namun dia tidak tergiur.

“Sampai ratusan juta sampai, tapi saya nggak mikirin itulah, saya nggak tertarik,” ucapnya.

Hal ini tentu menjadi pengalaman berarti buatnya.

Keluarga terutama sang istrinya pun sangat prihatin dengan yang beratnya beban dan tanggungjawab yang dihadapi Kusno sebagai Ketua PPK.

“Tanggapan istri saya simpel aja, 'tahun depan pulang kampung aja pak'..” kata Kusno sambil tertawa, menirukan perkataan sang istri.

(ude)