Berburu Kuliner Ramadan di Batam

Ikan Bakar Tanjunguma: Kepulan Asap Memancarkan Aroma Kelezatan

Ikan Bakar Tanjunguma: Kepulan Asap Memancarkan Aroma Kelezatan

Pedagang ikan bakar di Tanjunguma, Batuampar memasak pesanan pembeli jelang buka puasa, pada awal Ramadan lalu. (Foto: Margaretha Nainggolan/batamnews)

Batam - Bulan suci Ramadan tak hanya identik dengan menahan lapar dan haus. Untuk menuntaskan puasa, banyak warga yang ingin berbuka dengan kuliner spesial.

Seperti halnya di Batam, banyak titik kuliner Ramadan yang menyajikan menu-menu spesial. Salah satunya adalah pusat kuliner yang terletak di dekat pasar tradisional Tanjunguma, Batuampar. 

Kawasan tersebut sudah cukup terkenal sebagai pusat kuliner Ramadan setiap tahunnya. Menu paling banyak dicari dan terkenal dari sini adalah ikan bakar yang khusus dijual ketika bulan puasa saja. 

Untuk memasuki kawasan pasar tersebut, memang cukup sulit karena harus melewati gang-gang sempit, dengan lebar sekitar dua meter saja. Sehingga untuk kendaraan roda empat tidak disarankan untuk masuk ke sana, karena akan terhalang dengan sepeda motor yang terparkir di sisi jalan. 

Namun begitu tidak menyurutkan niat para penikmat ikan bakar Tanjunguma. Pada awal puasa atau tepatnya pada Senin (6/5/2019) menjelang berbuka, Batamnews berkesempatan untuk mengunjungi pasar tersebut. 

Mendekati lokasi pasar, antrean kendaraan sudah cukup padat.  Masih radius 10 meter sebelum pintu masuk pasar, asap sudah menyambut ditambah lagi aroma ikan yang dibakar. Asap itu berasal dari tempat pembakaran ikan. 

Ikan-ikan segar itu dibakar setelah diolesi bumbu-bumbu yang diracik oleh penduduk setempat. Tidak perlu menunggu waktu lama untuk membeli ikan-ikan tersebut, karena para penjual sudah sangat lihai mengolah ikan bakar itu. Beberapa ikan yang sudah dibakar akan digantung di atas tempat pembakaran. 

Dengan bumbu kuning yang sudah diolesi ke ikan, menjadi pemandangan yang cukup menggugah selera para pengunjung. 

Untuk harga ikan bakar di Tanjunguma terbilang terjangkau, satu ekor ikan bakar dihargai Rp 40 ribu hingga Rp 80 ribu tergantung ukuran dan jenis ikannya. 

Para pengunjung juga dapat memilih sendiri ikan yang akan dibakar untuk dibawa pulang. Jumlah penjual ikan bakar juga cukup banyak, sehingga pengunjung dapat bebas memilih ikan bakar yang diinginkan. 

Salah seorang warga Bengkong, Selly sengaja datang ke pasar Tanjunguma untuk membeli ikan bakar. Selain murah, ikan bakar tersebut menjadi menu yang ditunggu-tunggu ketika bulan Ramadan. 

"Enak dan segar, terus murah lagi, satu ekor dibeli bisa untuk satu keluarga," ujarnya. 

Setelah memilih ikan bakar, pengunjung juga dapat membeli takjil dan menu buka puasa lainnya. Di pasar itu cukup beragam takjil yang ditawarkan, ada prata, kolak, bubur kacang hijau, laksa, pecel, serta jajanan pasar lainnya. Semuanya dapat dibeli dengan harga yang terjangkau. 

Tidak hanya itu, makanan berat lainnya bisa diperoleh di situ. Seperti ayam bumbu, daging sapi balado, oseng tempe, serta olahan sayuran yang sangat lengkap untuk menu buka puasa nantinya. 

Tertarik untuk mencoba?

(ret)
 


Berita Terkait