Jokowi Unggul 59 Persen di Kecamatan Galang

Jokowi Unggul 59 Persen di Kecamatan Galang

Paslon 01, Jokowi-Ma ruf unggul di Kecamatan Galang (Foto:ist/liputan6)

Batam - Rekapitulasi surat suara di Kecamatan Galang, Kota Batam untuk Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) sudah berakhir, Minggu (28/4/2019). Capres nomor urut 01 menang di wilayah tersebut dengan perolehan suara 59 persen.

"Nomor 01 sih yang unggul disini, beda cukup signifikan," kata Ketua PPK Galang, Suyatno kepada Batamnews.co.id.

Paslon nomor urut 01 unggul jauh di Kecamatan Galang dengan perolehan suara 5.947. Suara tertinggi diperoleh dari Kelurahan Sembulang dengan perolehan suara 1.219.

Sedangkan paslon nomor urut 02 memperoleh suara 4.136. Suara tertinggi didapat dari Kelurahan Karas dengan perolehan suara 1.051.

Hasil rekapitulasi suara di PPK Galang, Kota Batam (Foto:Dyah/Batamnews)

Walaupun masyarakat Kecamatan Galang, Kota Batam banyak yang memilih capres nomor urut 01, namun Suyatno mengaku hal ini tidak terlihat dari sikap masyarakat sehari-hari.

"Ya, itu hak pribadi masing-masing sih, saya juga kaget ketikaa pemilu ini suara akan bersaing seperti ini. Kami disini mau pilih siapa tidak ada seperti di kota. Jadi adu jagoan dan memojokkan orang lain agar satu pilihan. Mau pilih siapa itu hak pribadi. Bahkan pilihan mereka siapa saja tidak begitu ditonjolkan dari masa kampanye," ujarnya.

Namun dukungan masyarakat Galang terhadap paslon 01 nampaknya sudah meninggalkan kode di beberapa area, seperti di sebuah jalan, setelah jembatan empat yang terdapat tulisan Jalan Relawan Jokowi, dan terlihat jelas dari pinggir jalan raya.

Walaupun begitu, siapapun pemenangnya tidak ada keributan dalam rekapitulasi suara pilpres di Galang. Semua cenderung berjalan tenang siapapun yang unggul.

"Tidak ada, memang sifatnya kekeluargaan disini. Jadi kami santai-santai aja rileks aja, kalau udah menang, ya udah," katanya.

Animo masyarakat untuk menggunakan hak suaranya di 2019 ini diakui Suyatno lebih tinggi dari pemiihan sebelumnya. 90 persen masyarakat di Kecamatan Galang menggunakan hak suaranya.

"Kalau Pemilu sebelumnya masyarakat yang menggunakan hak pilih hanya 80 persen, tahun ini sangat meningkat. Mungkin masyarakat saat ini sudah sadar dan melek politik. Masyarakat galang sudah memahami akan artinya menggunakan hak pilih. Jadi yang golput semakin sedikit," ucapnya.

(das)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews