Pejabat Malaysia: Kemungkinan Tanker MT Orkim Harmony Disembunyikan di Perairan Anambas

Pejabat Malaysia: Kemungkinan Tanker MT Orkim Harmony Disembunyikan di Perairan Anambas

MT Orkim Harmony Diduga Disembunyikan Bajak Lalu di Perairan Indonesia (Foto: The Malaysian Insider)

BATAMNEWS.CO.ID, Malaysia - Kapal tanker milik Malaysia, MT Orkim Harmony, yang membawa lima anak buah kapal (ABK) asal Indonesia dinyatakan hilang dan diduga disembunyikan di wilayah Indonesia.

Kapal tanker yang membawa minyak senilai 21 juta ringgit atau sekitar Rp 73,5 miliar tersebut diduga hilang karena dirampok oleh bajak laut.

Wakil Direktur Jenderal Badan Pengawasan Maritim Malaysia (APMM), Laksamana Madya Maritim Datuk Ahmad Puzi Ab Kahar, mengungkapkan kemungkinan kapal tersebut disembunyikan bajak laut di perairan Anambas dan Kepulauan Natuna, Indonesia. Dia juga menyampaikan kemungkinan lain yaitu kapal itu mencapai Kalimantan dan Jakarta.

"Jika kapal tersebut berbelok ke kanan sebelum mencapai perairan Sarawak, kapal akan menuju Pontianak, Kalimantan, atau ke arah bawah menuju Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta," terangnya seperti dikutip dari Bernama.

Ahmad Puzi mengatakan, MT Orkim Harmony yang membawa 22 ABK merupakan kapal milik Magna Meridian Sdn Bhd. Sementara bensin RON 95 seberat 5.879 metrik ton yang dibawa adalah milik Petronas. Tanker itu dilaporkan hilang tanpa jejak.

Berdasarkan modus operandi dari kasus perampokan kapal sebelumnya, dia menyimpulkan bensin yang dibawa akan dipindahkan ke kapal tanker lain yang sudah menunggu di tengah laut. Lalu para ABK akan dilepaskan dan diminta membawa kapal ke pelabuhan terdekat.
 
Kapal tanker MT Orkim Harmony sedang berlayar dari Selat Malaka menuju Kuantan ketika dinyatakan hilang pada Jumat 12 Juni 2015. Kapal tersebut membawa 22 ABK yang terdiri dari lima warga negara Indonesia (WNI), 16 warga Malaysia, dan seorang warga Myanmar.
 
(ind/okz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews