Jokowi soal Surat Suara di Malaysia Tercoblos 01: Lapor ke Bawaslu

Jokowi soal Surat Suara di Malaysia Tercoblos 01: Lapor ke Bawaslu

Capres Jokowi berorasi di hadapan pendukungnya dalam kampanye terbuka di Batam. (Foto: Johannes Saragih/batamnews)

Depok - Calon presiden Joko Widodo angkat bicara soal geger temuan surat suara di Selangor, Malaysia, dalam beberapa kantong sudah tercoblos pasangan calon Jokowi-Ma'ruf. Jokowi menyerahkan masalah itu kepada Bawaslu.

"Ya dicek sajalah, kalau itu benar dan itu merupakan pelanggaran laporkan saja ke Bawaslu," ucap Jokowi usai kampanye di Depok seperti dilansir kumparan, Kamis (11/4/2019).

Menurut Jokowi, mekanisme atas temuan pelanggaran jelas ditangani oleh Bawaslu, sehingga dia berharap tidak ada isu liar yang beredar kecuali atas penanganan Bawaslu.  

"Mekanismenya jelas kok, enggak usah diangkat isu isu yang enggak jelas," pinta Jokowi.

Selain soal Malaysia, Jokowi juga bicara hoaks surat suara sudah tercoblos di luar negeri. Menurut Jokowi, penghitungan suara di luar negeri baru tanggal 17 April 2019. 

"Penghitungan surat suara itu dilakukan nanti pada tanggal 17 April. Mekanisme itu harus tahu. Nanti juga penghitungannya berjenjang. Jadi jangan sampai ada yang ngomong curang, curang dihitung juga belum," kata Jokowi.

Baca: Geger, Video Surat Suara Sudah Tercoblos Capres Jokowi - Maruf di Malaysia

Jokowi berharap kecurangan dalam Pemilu dapat diantisipasi dengan partisipasi masyarakat, salah satunya dengan mengawasi proses penghitungan suara di TSP. 

"Seluruh rakyat saya ajak semua untuk melihat TPS, hasilnya dijepret. Jadi kalau nanti ada yang curang gampang carinya," pungkasnya.

(*)