Rencana Rute Roro Kepri - Malaysia Terus Digesa

Kapal Roro (Foto: ilustrasi)

Batam - Pemprov Kepri berencana menghubungkan Tanjungpinang dan Malaysia (Tanjungpelepas) dengan pelayaran kapal Roll on-roll off (Roro). Hal ini terus ditindaklanjuti.

Wakil Gubernur Kepri, Isdianto mengatakan, rencana tersebut segera ditindak lanjuti ke Dirjen Perhubungan Darat, Kemenhub di Jakarta. “Karena ini menyangkut hubungan dua negara,” ujar Isdianto, Rabu (16/1/2019).

Dan dalam waktu dekat ini, pihaknya bersama dengan Dirjen Perhubungan Darat akan melakukan rapat untuk membahas rencana tersebut. “Kemungkinan di akhir bulan ini atau awal Ferbruari nanti,”jelasnya.

Terobosan baru ini bertujuan untuk meningkatkan perkonomian Kepri, karena diperkirakan dapat menyumbang angka wisatawan mancanegara ke Kepri. Apalagi Malaysia dan Indonesia masih dalam satu rumpun. “Masih banyak yang punya keluarga di johor, begitupun sebaliknya,” katanya.

Selain itu, rencana ini juga didukung oleh keberhasilan rute kapal roro tujuan Malaysia dari Kalimantan. Setidaknya dalam sebulan ada 700 kendaraan bermotor dan 17 ribu kunjungan wisatawan.  “Kita juga ingin begitu, sehingga dapat mendongkrak ekonomi kerakyatan,“ kata dia.

(ret)