Besok, Parade Karavan Ala Eropa Semarakkan Tour de Bintan

Besok, Parade Karavan Ala Eropa Semarakkan Tour de Bintan

Peserta Tour de Bintan kelas Gran Fondo Timetrial 17 Km dilepas dari garis start. (Foto: Ari/batamnews)

Bintan - Tour de Bintan (TdB) akan mempertandingkan kelas bergengsi, Sabtu (30/3/2019) pagi. Ajang ini juga akan dimeriahkan dengan hadirnya sejumlah karavan ala Eropa.

CEO MetaSport, Nathalie Marquet mengatakan kelas bergengsi pada debut olahraga Tour de Bintan (TdB) 2019 yaitu Gran Fondo (GF) Classic sejauh 140 Kilometer (Km) dan GF Challange sejauh 82 Km.

"Tadi sore, Jumat (29/3/2019) dilaksanakan Grand Fondo Timetrial 17 Km di Plaza Lagoi Bay. Besok, peserta akan dilepaskan dari Simpang Terminal Bus Lagoi. Lalu melintasi jalur di Bagian Tengah Bintan, Timur dan Utara Bintan selanjutnya finish di tempat sama," ujar Nathalie, Jumat (29/3/2019).

Dalam kompetisi balap sepeda ini, Event Organizer (EO) MetaSport juga menghadirkan karavan ala Eropa di Bintan. Program perdana ini akan dilaksanakan secara bersamaan dengan balapan sepeda.

"Penduduk setempat tidak hanya dapat menyaksikan balapan sepeda saja tetapi juga bisa menikmati karavan," katanya.

Karavan adalah parade meriah kendaraan bermerek yang dilengkapi alat musik. Lalu membawa maskot dan barang-barang yang akan dibagikan kepada penonton di desa-desa sepanjang rute bersepeda.

"Karavan kami gelar karena terinspirasi dari tur bersepeda besar di Eropa. Untuk di TdB akan dilakukan perjalanan pada hari Sabtu dan Minggu, hanya satu jam perjalanan dengan posisi di depan peloton bersepeda," jelasnya.

Semantara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Diparbud) Bintan, Wan Rudi Iskandar mengatakan event balap sepeda selama tiga hari di Indonesia ini secara resmi diikuti 1.200 pesepeda amatir dan profesional dari 48 negara.

"Mereka antusias untuk berpartisipasi dalam lomba balap sepeda terkemuka di Asia ini," sebutnya.
 
Dari 1.200 pesepeda yang ikut ambil bagian, 47 persennya merupakan orang-orang yang baru pertama kali mengikuti event ini. 

Tujuan mereka adalah menaklukkan lintasan sebelum waktu cut-off. Panas, kelembaban dan medan bergelombang Bintan dikenal untuk mengubah pengalaman mereka menjadi tantangan nyata.
 
"Balapan terakhir dipusatkan di Bintan Lagoon Resort (BLR). Disana nantinya dilaksanakan perayaan pasca-perlombaan, upacara pemberian hadiah akhir, dan makan siang yang meriah di halaman tepi pantai hotel yang menakjubkan itu," ucapnya. 

(ary)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews