Pesepeda dari 23 Negara Dipastikan Ikut Tour de Bintan 2019

Pesepeda dari 23 Negara Dipastikan Ikut Tour de Bintan 2019

(Foto: istimewa)

Bintan - Ajang Tour de Bintan 2019 akan diikuti pesepeda dari 23 negara. Mereka akan mengikuti sejumlah kategori yang diperlombakan dalam ajang tahunan ini.

CEO MetaSport, Nathalie Marquet mengatakan selama tiga tahun berturut-turut, Tour de Bintan ini menjadi ajang kualifikasi kejuaraan dunia UCI Gran Fondo. 

Bahkan even ini merupakan salah satu dari 2 even di Asia dan 21 even di dunia yang jadi bagian dari Seri Dunia UCI Gran Fondo tersebut.

"Dari catatan kita, sebanyak 1.200 pebalap sepeda dari 23 negara yang mewakili 42 kewarganegaraan akan berkompetisi di event ini," ujar Nathalie, dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Dalam debut sepeda ini diperlombakan lima kategori. Mulai dari kelas non-kompetisi sampai kompetisi dunia. 

Dimulai dari Kategori Individual Time Trial 17 Kilometer (Km), Gran Fondo Classic 144 Km, Gran Fondo Challenge 82 Km, Gran Fondo Century 108 Km dan Gran Fondo Discovery 55 Km.

Dua dari 5 kategori merupakan kualifikasi untuk kejuaraan dunia 2019 di Polandia yaitu Kategori Individual Time Trial 17 Km dan Gran Fondo Classic 144 Km. 

"Meskipun 2 kategori tersebut masuk dalam laga kejuaraan dunia. Peserta harus menyelesaikan seluruh tahapan perlombaan dengan menduduki urutan 25 teratas di kelompok usia masing-masing," jelasnya.
 
Sementara itu, GGM PT BRC, Abdul Wahab Tour de Bintan tahun ini merupakan yang ke 9 kali digelar di Bintan. Khusus di tahun ini dipusatkan di Area Bintan Lagoon Resort dari 29-31 Maret mendatang.

"Biasanya dipusatkan di Area Nirwana Gardens Resort. Namun tahun ini di BLR," kata Wahab.

Tahun ini Tour de Bintan akan lebih menarik lagi. Karena semakin banyak pesepeda yang berasal dari berbagai negara seperti Inggris, Jepang dan Australia ikut ambil bagian.

Wahab memprediksikan event ini tidak hanya mampu datangkan 1.200 atlet saja tetapi juga 1.500-2000 wisatawan lainnya. Baik dari mancanegara maupun nusantara.

"Pastinya atlet membawa keluarga ataupun pacar serta sponsor dan timnya. Jadi 1 atlet bisa membawa sedikitnya 3 orang sehingga yang akan hadir di acara ini bisa mencapai 3.000an orang," sebutnya.

Bintan merupakan lokasi sport tourism (wisata olaharag) yang ideal untuk kompetisi balap sepeda. Dari sisi jarak, Bintan sangat dekat dengan Singapura yaitu 1 jam perjalanan pelayaran. Begitu juga dari Jakarta hanya 1 jam penerbangan.

Selain lokasi geografis, Bintan juga memiliki jalanan yang ditata baik serta terdapat berbagai penginapan kelas dunia.

Jalur yang akan dilalui merupakan perpaduan pemandangan yang indah di pulau tropis yang eksotik, dengan pantai yang menakjubkan, hutan hijau yang rimbun dan deretan kota dan desa indah. Ini akan menjadi pemandangan menarik untuk para peserta nantinya. 

"Bagi yang ikut even ini dijamin sangat puas dan akan merasa takjub. Karena ada Tour Dinner dan kegiatan menarik lainnya untuk keluarga," ucapnya. 

(ary)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews