Chef Maroko Ajari Pelajar Bintan Olah Kuliner Timur Tengah

Chef Maroko Ajari Pelajar Bintan Olah Kuliner Timur Tengah

Chef asal Maroko memberikan instruksi kepada pelajar Bintan saat mengolah kuliner khas Timur Tengah. (Foto: Ari/batamnews)

Bintan - Laguna Bintan mendatangkan dua koki (chef) asal Maroko yaitu Chef Ettajani El Youssfi dan Chef Amine Hariri untuk mengajarkan pelajar Kabupaten Bintan memasak kuliner khas Timur Tengah di Restoran Saffron, Hotel Banyan Tree Bintan, Kawasan Pariwisata Lagoi, Jumat (22/3/2019).

Pelajar yang diajarkan memasak sebanyak 12 orang dari jenjang SMP dan SMA di Kecamatan Teluk Sebong dan Bintan Utara. Mereka semua merupakan siswa-siswi yang mengikuti program seedlings Banyan Tree Bintan.

General Manager (GM) Laguna Bintan, Alpha Eldiansyah mengatakan kelas memasak ini tidak hanya sekedar mengembangkan bakat para pelajar di bidang kuliner. Tetapi juga merupakan kegiatan amal untuk dunia pendidikan di Bintan.

"Ini sebuah edukasi bagi mereka. Selain mengembangkan bakat, mereka juga diajak untuk peduli dengan sesama. Caranya masakan yang mereka buat akan dilelang kepada para tamu undangan," ujar Alpha.

Kelas memasak bagi pelajar merupakan yang kedua kalinya digelar pada 2019 ini. Pertama kelas memasak kuliner khas Melayu yang diajarkan chef-chef internasional dari berbagai hotel dan resort di Kawasan Pariwisata Lagoi dan kedua dari 2 chef asal Banyan Tree Tamauda Bay Maroko.

Di hari ini, kata Alpha, pelajar diajarkan 3 menu kuliner khas Maroko. Diantaranya hidangan pembuka (Soup Traditional Moroccan Harira), hidangan utama (Chicken Tagine with Candied Lemon Olives and Fresh Coriander) serta hidangan penutupnya (Milk Pastilla).

"Kedepannya kami akan terus mengembangkan bakat dan minat mereka terhadap kuliner. Bahkan kami juga akan memberikan kelas masak lagi dari negara lainnya. Sehingga mereka kaya dengan pengalaman dan kemampuan," jelasnya.

Sementara itu, Manager Hotel Banyan Tree Bintan, Nicolas Belzic mengatakan kelas memasak ini merupakan satu dari beberapa kegiatan dalam Festival Masakan Maroko (A Taste of Morocco).

"Festival masakan Maroko ini digelar di beberapa hotel Grup Laguna Bintan dari 16-22 Maret 2019," katanya.

Acara pertama yaitu Moroccan Feast Buffet Dinner yang digelar 16 Maret di Xana Beach Club Hotel Angsana Bintan. Kedua acara Moroccan Brunch Pool Party yang digelar 17 Maret di Vista Hotel Cassia Bintan. 

Ketiga acara Sharpen Your Moroccan Senses yang digelar 18 Maret di The Cove Restaurant Banyan Tree Bintan dan terakhir Kelas Masak dan Amal yang hari ini digelar.

"Kelas memasak ini untuk memberikan pelatihan tambahan kepada pelajar yang dididik oleh perusahaan, khususnya bidang kuliner dan membangun karakter pelajar agar lebih percaya diri lagi," sebutnya.

Tiga jenis hasil masakan yang dibuat oleh pelajar-pelajar SMP dan SMA itu dilelang ke tamu yang menginap di Banyan Tree Bintan, Cassia Bintan dan Angsana.

"Dana yang didapatkan dari lelang itu akan disalurkan untuk membantu program pendidikan bagi siswa SDN Kecamatan Teluk Sebong," ucapnya.

Hadir dalam acara ini, Kepala Koki Banyan Tree, Edi Santoso, Manager CSR Banyan Tree Bintan, Henry Ali Singer, dan Chef Yudhistira Angga dari Hotel Angsana Bintan.

(ary)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews