Hutan Tanjung Riau, Lokasi Karhutla Terparah di Batam

Hutan Tanjung Riau, Lokasi Karhutla Terparah di Batam

Satu unit helikopter dikerahkan untuk memadamkan api yang melalap hutan Tanjung Riau, beberapa waktu lalu. (Foto: Yude/batamnews)

Batam - Memasuki musim kemarau banyak peristiwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla), tak terkecuali di Batam, Kepulauan Riau. Tim Manggala Agni Daops Batam KLHK Wilayah Sumatera pun bekerja keras mengantisipasi hal ini.

Hingga Maret 2019, tim itu sudah memadamkan karhutla yang menghanguskan total 97,9 hektar hutan dan lahan. Luas lahan yang terbakar itu setelah tim membantu proses pemadaman di 19 titik lokasi.

"Sejauh ini dari total lahan yang telah terbakar dan dipadamkan 97,9 hektare area secara keseluruhan, dan itu di luar area yang ditangani oleh Pemadam BP Batam dan Pemko," ujar Kepala Manggala Agni Daops Batam KLHK Wilayah Sumatera, Iksan Abdilah, Kamis (21/3/2019).

Baca: Kebakaran Hanguskan 53 Hektare Lahan dalam Sepekan

Iksan menjelaskan, dari 19 titik tersebut yang paling luas adalah kebakaran hutan di Tanjung Riau beberapa waktu lalu, dengan total lahan yang terbakar 30 hektare.

“Terus yang kedua ada di wilayah Kelurahan Sembulang, Kec. Galang totalnya ada 15 hektare," ucapnya.

Namun luas lahan yang disebutkan Iksan belum seluruhnya. Jika ditotalkan, perkiraan ada sekitar 250 hektare lahan yang telah terbakar.

"Itu digabungkan semua dari lahan yang dipadamkan BP Batam, Pemko dan Manggala Agni," kata Iksan.

(ude)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews