Hati-hati dengan Si Gendut Beracun dari Samudera Biru Ini

Hati-hati dengan Si Gendut Beracun dari Samudera Biru Ini

Ikan buntal. (Foto: net)

APAKAH kamu tahu Si Gendut Beracun ini?  Ya, tepat sekali itu adalah IKAN BUNTAL. Ikan Buntal adalah ikan yang bertubuh bulat dan dapat mengembang jika disentuh.

Ciri-ciri ikan ini memiliki gigi yang sangat tajam dan memiliki racun yang terkandung dalam tubuhnya. Jika disentuh, ia akan mengembang dan mengeluarkan duri yang tajam. Warna dari ikan ini sangat banyak.

Pada malam hari, ikan ini bersembunyi di balik karang, lalu pada siang hari ikan ini keluar untuk mencari makan. Memiliki gigi yang sangat kuat dapat menghancurkan makanannya seperti kepiting, ikan-ikan kecil dan yang berada di sekitarnya.

 

Ikan buntal

Ikan ini hidup di perairan tropis. Rata-rata berukuran besar dan memiliki panjang lebih dari 100 cm. Racun ikan buntal di sebut Tetradotoksin. Bagian yang mengandung racun seperti hati, kulit dan usus. Racun ini tahan terhadap panas dan racun non-protein yang larut dalam air. Racun ini dapat menjadi penghalang aliran sodium dan dapat melumpuhkan otot dalam keadaan sadar.

Anehnya, di jepang mengkonsumsinya sebagai makanan yang spesial dan yang termahal. Bagian yang dimakan hanya dagingnya saja. Sementara telurnya adalah makanan yang bernilai tinggi dan disebut Fugu. Ikan buntal ini bisa membunuh 30 orang dewasa, lho. Bahaya kan?

Makanya, kita harus berhati-hati jika bertemu ikan itu di laut dan jangan salah untuk mengkonsumsinya. Hati-hati juga ketika ingin memegangnya. (*)

 

Kolom penulis:

Dwi Tirta Rianova,

Mahasiswi Ilmu Kelautan UMRAH


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews