Manfaat Mandi Lumpur, Pereda Stres hingga Bikin Kulit Cantik

Manfaat Mandi Lumpur, Pereda Stres hingga Bikin Kulit Cantik

Foto: Istimewa

Jakarta - Pernahkah Anda mendengar tentang terapi mandi lumpur? Sebagian besar dari kita mungkin agak merasa sedikit risih saat membayangkan kita tenggelam di dalam lumpur atau mungkin sekadar mengolesi seluruh tubuh dengan tanah liat. Tetapi, saat Anda mengetahui manfaat mandi lumpur yang sebenarnya, Anda tak akan ragu untuk mencobanya lagi.

Terapi mandi lumpur dapat menjadi pilihan ritual santai di rumah saat Anda stres dengan rutinitas harian. Lumpur mempunyai manfaat bagus karena mengandung zat antiinflamasi. Terapi yang tergolong unik ini bisa dilakukan seperti saat Anda mandi biasa atau juga dapat dilakukan dengan cara berendam di dalamnya. 

Lumpur akan melegakan kepenatan yang sedang Anda alami. Beberapa sumber mengatakan bahwa kondisi kulit dengan penyakit tertentu juga dapat disembuhkan melalui mandi lumpur.

Lumpur memang sedikit akan terlihat kotor tentunya. Namun, jika Anda tidak terlalu menyukai lumpur, Anda juga dapat memilih lumpur lain seperti cokelat smear. Bahkan, beberapa orang juga mencampur susu ketika melakukan terapi mandi lumpur. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk bersantai.

Berikut manfaat-manfaat terapi mandi lumpur seperti dilansir dari Boldsky:

Melegakan nyeri otot 
Nyeri otot dapat reda karena lumpur mengandung zat antiinflamasi. Hal ini tentu baik untuk sendi Anda.

Meredakan stres
Dengan melakukan mandi lumpur, stres rutinitas harian pelan-pelan akan reda. Faktanya, lumpur memang baik untuk memanjakan tubuh.

Detoksifikasi 
Mandi lumpur juga dapat membersihkan tubuh karena dapat mendetoksifikasi kulit dengan cara menghilangkan kotoran yang menempel.

Relaksasi 
Anda bisa merasa santai ketika lumpur hangat menyentuh kulit Anda. Mandi lumpur adalah sebuah pengalaman relaksasi yang tak boleh Anda lewatkan.

Sirkulasi darah 
Lumpur dapat meningkatkan sirkulasi darah dan ini juga membantu kulit untuk tetap sehat. Apa pun yang meningkatkan sirkulasi darah juga dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Pengelupasan
Mandi lumpur dapat merangsang sebuah proses pengelupasan kulit yang baik. Kulit Anda akan lembut setelah dibilas.

Pijatan efektif
Setelah mandi lumpur, otot Anda akan terasa sedikit lebih santai. Namun, alangkah baiknya jika Anda melakukan pijatan supaya tubuh akan terasa lebih santai dan segar.

(pkd)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews