Rapat Forum OPD, Sinkronkan Usulan Masyarakat dan Prioritas Pembangunan Pemkab Bintan

Rapat Forum OPD, Sinkronkan Usulan Masyarakat dan Prioritas Pembangunan Pemkab Bintan

Bupati Bintan, Apri Sujadi sedang berbincang dengan Kepala Bappelitbang, Luki Zaiman Prawira, Kepala BPPKD, Yandrisyah dan Kepala BPMPTSP, Hasfarizal Handra. (Foto: istimewa)

Bintan - Pemkab Bintan melalui Badan Penelitian dan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) telah menggelar rapat bersama Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Convention Hall Hotel Bhadra Resorts and Convention, Jalan Wisata Bahari, Batu 25, Kecamatan Toapaya dari 26-27 Februari 2019.

Rapat dengan pembahasan sinkronisasi prioritas kegiatan masing-masing OPD menjelang agenda Musrenbang Tingkat Kabupaten Bintan ini dihadiri Bupati Bintan, Apri Sujadi, Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam, Ketua DPRD Kabupaten Bintan, Nesar Ahmad serta FKPD.

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengatakan Fourm OPD yang digelar selama dua hari itu harus mampu berjalan dengan baik. Mulai dari program yang direncanakan masing-masing OPD sampai dengan usulan-usulan yang diberikan oleh masyarakat.

 "Sinkronisasi program setiap OPD itu penting. Tapi juga harus sejalan dengan usulan masyarakat. Karena usulan itu harus menjadi prioritas pembangunan kedepannya," ujar Apri.

Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam menambahkan bahwa seluruh OPD diminta untuk menyikapi usulan-usulan dari masyarakat yang telah dibakukan ke dalam musrenbang setiap kecamatan. 

Lalu dituangkan ke dalam Rencana Kerja (Renja) OPD yang akan dipergunakan untuk kegiatan pada tahun 2020 mendatang.

"Upayakanlah untuk menyiapkan rencana kerja maupun usulan kegiatan pembangunan di tahun 2020 mendatang. Lakukan semua sesuai dengan skala prioritas yang ada," katanya.

Bappelitbangda yang menggelar acara ini juga diminta membuat perencanaan berdasarkan rencana (plan) dan ketersediaan keuangan (budget).

Hal yang paling penting adalah target. Sehingga output prioritas kegiatan harus sesuai dengan perencanaan yang telah dibahas.

"Jangan sampai ketika sudah membuat perencanaan tidak dilaksanakan," ucapnya. 

Usulan Warga Tertuang di Musrenbang 10 Kecamatan

Usulan-usulan warga Kabupaten Bintan telah tertuang dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan. 

Tercatat selama Februari 2019, sebanyak 10 kecamatan telah menggelar musrenbang di wilayahnya masing-masing. Mulai dari Musrenbang Kecamatan Teluk Sebong, Bintan Utara, Toapaya, Teluk Bintan, Seri Kuala Lobam, Gunung Kijang, Mantang, Bintan Timur, Tambelan, dan Bintan Pesisir.

Kepala Bappelitbang Bintan, Luki Zaiman Prawira mengatakan usulan-usulan warga yang tertuang dalam Musrenbang Tingkat Kecamatan itu akan dibahas kembali di tingkat Musrenbang Kabupaten Bintan.

"Rencananya Musrenbang Tingkat Kabupaten Bintan akan digelar 11 Maret mendatang," katanya.

Dalam musrenbang tingkat kabupaten ini, kata Luki, bisa diketahui usulan-usulan mana saja yang jadi pioritas untuk dilaksanakan oleh pemerintah melalui masing-masing OPD pada 2020 mendatang.

Namun agar pelaksanaannya tidak menjadi terkendala juga harus dipersiapkan dengan matang terkait ketersediaan anggarannya.

"Semua rencana kerja akan disinkronkan dengan rencana kerja masing-masing OPD. Tapi juga harus disesuaikan dengan keuangan daerah," sebutnya. 

(advetorial)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews