10 Film dengan Nominasi Terbanyak di Oscar 2019, Ada Favoritmu?

10 Film dengan Nominasi Terbanyak di Oscar 2019, Ada Favoritmu?

Oscar 2019

Jakarta - Ajang penghargaan bergengsi dalam dunia perfilman dunia yaitu 91st Academy Awards atau yang lebih dikenal dengan sebutan Oscar, digelar kemarin (24/2) waktu Amerika di Dolby Theatre at the Hollywood & Highland Centre, Los Angeles. Seperti tahun-tahun sebelumnya deretan nominasi yang ada selalu dihiasi dengan beberapa film unggulan yang berhasil mendominasi. 

Punya kualitas serta terdiri dari berbagai elemen yang keren abis, berikut daftar 10 film dengan nominasi terbanyak di Oscar 2019!

1. The Favourite

Berlatar belakang abad 18 Emma Stone merupakan salah satu daya tarik dari film The Favourite. Cerita ini mengkisahkan tentang konflik tahta dan politik antara Ratu Anne (Olivia Colman), dengan kedua pelayannya Sarah Churchill (Rachel Weisz) dan Abigail (Emma Stone). Film dengan jumlah 10 nominasi ini berhasil meraup keuntungan sebesar 71,4 USD lho!

Daftar nominasi yang berhasil didapatkan film ini antara lain, Aktris Pemeran Utama Terbaik, dua Aktris Pemeran Pendukung Terbaik, Sinematografi Terbaik, Desain Kostum Terbaik, Sutradara Terbaik, Editing Film Terbaik, Film Terbaik, Desain Produksi Terbaik, dan Skenario Original Terbaik.

2. Roma

Sepertinya film berlatar belakang masa lalu sedang berjaya di Oscar 2019. Pasalnya gak cuma The Favourite, ada Roma yang juga berhasil menyabet 10 nominasi. Roma adalah film karya dari pemenang Academy Award Alfonso Cuarón, sutradara film Gravity dan Children of Men.

Meskipun film ini berbahasa Spanyol, namun Roma berhasil mencapai angka penjualan sebesar $279, 567. Daftar nominasi yang berhasil didapatkan film ini antara lain, Aktris Pemeran Utama Terbaik, Aktris Pemeran Pendukung Terbaik, Sinematografi Terbaik, Sutradara Terbaik, Film Bahasa Asing Terbaik, Film Terbaik, Desain Produksi Terbaik, Editing Suara Terbaik, Mixing Suara Terbaik, dan Skenario Original Terbaik.

3. A Star Is Born

Chemistry antara Bradley Cooper dan Lady Gaga sukses bikin penonton jatuh cinta dengan film yang rilis pada tanggal 19 Oktober 2018 tersebut. Meskipun ini adalah kali pertama Lady Gaga terlibat dalam film tapi kualitas akting sang diva patut diacungi jempol.

Film yang juga disutradarai oleh Bradley Cooper itu berhasil mengantongi 8 nominasi di Oscar 2019 dan mendapatkan keuntungan sebesar 420 juta USD dalam penjualannya.  Daftar nominasi yang berhasil didapatkan film ini antara lain, Aktor Pemeran Utama Terbaik, Aktor Pemeran Pendukung Terbaik, Aktris Pemeran Utama Terbaik, Sinematografi Terbaik, Lagu Original Terbaik, Mixing Suara Terbaik, Film Terbaik, dan Skenario Adaptasi Terbaik.

4. Vice

Vice bercerita tentang seorang calon presiden Gedung Putih yang mencari wakil untuk menjabat bersama. Meskipun mengusung tema politik, film yang digarap oleh Brad Pitt ini tetap mudah untuk dimengerti karena alur cerita yang ringan.

Akting para pemainnya juga menuai banyak pujian dari masyarakat. Vice berhasil berada di 8 nominasi Oscar 2019. Daftar nominasi yang berhasil didapatkan film ini antara lain, Film Terbaik, Aktor Pemeran Utama Terbaik, Aktor Pemeran Pendukung Terbaik, Aktris Pemeran Pendukung Terbaik, Sutradara Terbaik, Editing Film Terbaik, Tata Rias dan Tata Rambut Terbaik, dan Skenario Original Terbaik.

5. Black Panther

Demam Wakanda Forever sempat menghebohkan penikmat film Tanah Air pada awal tahun 2018. Hal itu membuat Black Panther menjadi salah satu film terlaris di dunia dengan jumlah pendapatan sebesar 1,344 milliar USD. Pantas saja jika Black Panther sukses mengantongi 7 nominasi di Oscar 2019.

Daftar nominasi yang berhasil didapatkan film ini antara lain, Desain Kostum Terbaik, Penilaian Lagu Original Terbaik, Lagu Original Terbaik, Film Terbaik, Desain Produksi Terbaik, Editing Suara Terbaik, dan Mixing Suara Terbaik.

6. BlacKkKlansman

Drama komedi akhirnya berhasil juga mendominasi di Oscar 2019. Ialah film BlacKkKlansman yang sukses meraih 6 tempat nominasi. BlacKkKlansman merupakan sebuah film biografi yang disutradarai Spike Lee.

BlacKkKlansman menuai banyak pujian karena dianggap mewakili stereotip rasisme terhadap orang berkulit hitam di Amerika. Daftar nominasi yang berhasil didapatkan film ini antara lain, Aktor Pemeran Pendukung Terbaik, Sutradara Terbaik, Editing Film Terbaik, Penilaian Lagu Original Terbaik, Film Terbaik, dan Skenario Adaptasi Terbaik.

7. Bohemian Rhapsody

Dengan jumlah 5 nominasi di Oscar 2019, film garapan Bryan Singer dengan jumlah pendapatan $846,3 juta ini juga gak boleh ketinggalan. Pencapaian Bohemian Rhapsody membuktikan bahwa begitu banyaknya fans Queen di berbagai belahan dunia. Penonton merasa dibawa menyelusuri lorong waktu ketika Queen masih berada di awal kejayaannya. 

Daftar nominasi yang berhasil didapatkan film ini antara lain, Aktor Pemeran Utama Terbaik, Editing Film Terbaik, Film Terbaik, Editing Suara Terbaik, dan Mixing Suara Terbaik.

8. Green Book

Mengusung konflik rasisme antara kulit putih dan kulit hitam, Green Book berhasil mendapat 5 nominasi di Oscar 2019. Green Book menceritakan tentang seorang pianis ternama yang akan segera mengadakan tur dan membutuhkan supir sekaligus bodyguard. Namun karena perbedaan ras keduanya terancam mengalami banyak masalah. 

Daftar nominasi yang berhasil didapatkan film ini antara lain, Aktor Pemeran Utama Terbaik, Aktor Pemeran Pendukung Terbaik, Editing Film Terbaik, Film Terbaik, dan Skenario Original Terbaik. 

9. Marry Poppins Returns

Menjadi film karya Disney yang paling ditunggu sepanjang 2018, Mary Poppins Returns telah berjaya dengan menempati 4 nominasi Oscar 2019 meski baru dirilis pada bulan Desember lalu. Emily Blunt sukses menjadi reiinkarnasi dari Mary Poppins di tahun 1964. Film keluarga yang menjadikan visual memanjakan mata ini bahkan berhasil meraup keuntungan sebesar $335,7 juta!

Daftar nominasi yang berhasil didapatkan film ini antara lain, Desain Kostum Terbaik, Penilaian Lagu Original Terbaik, Lagu Original Terbaik, dan Desain Produksi Terbaik.

10. First Man

Deretan karya film yang dibintangi Ryan Gosling tidak pernah mengecewakan. Ia bersama film yang berhasil meraih keuntungan sebesar $102,8 juta itu sukses menempati 4 nominasi di Oscar 2019.

Kisah seorang yang melakukan misi pendaratan di bulan untuk pertama kalinya itu mencerminkan bagaimana perjuangan Nail Amstrong dan NASA saat melakukan misi paling berbahaya dalam sejarah tersebut.  Daftar nominasi yang berhasil didapatkan film ini antara lain, Desain Produksi Terbaik, Editing Suara Terbaik, Mixing Suara Terbaik, dan Visual Efek Terbaik.

Wah, jadi gak sabar nih menunggu film yang berhasil membawa pulang piala terbanyak di Oscar 2019. Kalau menurutmu film nomor berapa nih yang paling keren dan layak mendapatkannya?

(pkd)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews