Bawaslu Ajak Masyarakat Karimun Sama-sama Awasi Pemilu

Bawaslu Ajak Masyarakat Karimun Sama-sama Awasi Pemilu

Sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif yang dilakukan Bawaslu Karimun untuk sama-sama menjaga pemilu sehingga berjalan lancar (Foto:Edo/Batamnews)

Karimun - Bawaslu Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, mengajak generasi muda dan masyarakat untuk bersama-sama melakukan pengawasan pada Pemilu 2019. Pasalnya, pengawasan secara partisipatif sangat diperlukan.

Sehingga, saat terjadinya kecurangan dapat diatasi dengan cepat, dan tidak merugikan pihak tertentu. Untuk menerapkan hal itu, Bawaslu menggelar sosialisasi Pengawasan Partisipatif Masyarakat Pemilu 2019, di Nadira Caffe, Lubuk Semut, Karimun, Selasa (12/2/2019) malam.

Ketua Bawaslu Karimun, Nurhidayat menyebutkan bahwa, secara hakikat pengawasan terhadap pelaksanaan pemilu akan jauh lebih efektif jika dibarengi dengan peran aktif masyarakat itu sendiri.

"Secara hirarki atau kelembagaan memang tanggungjawab Bawaslu. Tapi secara hakikatnya juga menjadi tanggungjawab masyarakat," ujarnya.

Pemilu sebagai perwujudan kedaulatan rakyat, maka pengawasan sangat diperlukan. Partisipasi masyarakat untuk sama-sama menjaga sangat diperlukan.

"Pemilu ini sendiri bukan serta merta menjadi kehendak pemerintah, melainkan amanah dari rakyat, maka partisipasi pengawasan masyarakat dalam pelaksanaannya sangat perlu," ujar Dayat.

Selain itu, pada tahapan pemilu yang paling penting adalah masa kampanye dan proses pungut hitung suara.

"Terutama kampanye, saat yang penting menerima amanah dari masyarakat melalui visi dan misi, yang tentu dengan metode penyampaian yang benar," ucapnya.

Kampanye sendiri harus dilakukan dengan metode dan aturan yang berlaku. Kampanye tidak boleh dilakukan dengan menjanjikan, atau memberikan sesuatu kepada pemilih.

(aha)