Kecelakaan pesawat pesepakbola Emiliano Sala

Tim SAR Evakuasi Jasad dari Puing Pesawat di Dasar Laut

Tim SAR Evakuasi Jasad dari Puing Pesawat di Dasar Laut

Salah-seorang pendukung klub Nantes berada di lokasi pemberian kehormatan terhadap Sala di stadion Nantes, Prancis. (Foto: AFP)

Batam - Sesosok jasad telah dievakuasi dari puing-puing pesawat yang ditumpangi pesepakbola Emiliano Sala dan pilot David Ibbotson di bawah perairan Guernsey.

Upaya mengevakuasi jenazah itu dari bawah laut melibatkan tim spesialis, yang menurut Badan Investigasi Kecelakaan Udara (AAIB), dalam operasi yang "penuh tantangan".

AAIB menjelaskan proses evakuasi itu dilakukan dengan "cara yang bermarbartabat" dan pihak keluarga terus diberitahu perkembangan terbaru selama proses tersebut.

Jenazah tersebut telah dibawa ke Pulau Portland untuk diserahkan kepada otoritas terkait di Dorset, Inggris.

Tidak ada rincian tentang identifikasi lebih lanjut tentang jasad tersebut, demikian keterangan resmi otoritas terkait.

Puing-puing pesawat itu ditemukan di dasar laut perairan Guernsey sejak dinyatakan hilang pada 21 Januari lalu.

Pesawat kecil N264DB itu membawa pesepakbola asal Argentina, Emiliano Sala, 28 tahun, dan pilot Ibbotson, 59, dari Nantes, Prancis barat laut, menuju Cardiff.

Perjalanan dilakukan setelah dua hari sebelumnya Sala menyelesaikan proses kepindahannya dari klub Nantes, Prancis ke klub Liga Primer Inggris, Cardiff City.

Setelah tiga dilakukan pencarian, proses itu dihentikan setelah pimpinan pelabuhan Guernsey mengatakan bahwa peluang hidup kedua pria itu "sangat tipis".

Namun demikian, upaya pencarian tetap dilakukan berkat didanai secara pribadi dengan melibatkan sumbangan dari masyarakat.

Dipimpin oleh ilmuwan kelautan David Mearns dan melibatkan AAIB, pencarian itu dilakukan dengan menggunakan peralatan canggih seperti sonar dan perangkat selam yang dilengkapi kamera - untuk memastikan keberadaan bangkai pesawat itu.

Dengan menggunakan kamera video yang direkam menggunakan pengendali jarak jauh (ROV), tim pencari akhirnya menemukan sesosok jenazah di balik reruntuhan pesawat

Bagaimanapun, upaya untuk mengevakuasi bangkai pesawat dinyatakan tidak berhasil sehingga harus diakhiri. "Apalagi dihadang kendala cuaca buruk dan diperkirakan masih akan terjadi," kata Mearns.

Tetapi, AAIB mengatakan rekaman video yang diabadikan oleh ROV akan memberikan "bukti berharga" terkait penyelidikan penyebab jatuhnya pesawat.

Sementara itu, mantan klub Sala, klub Ligue 1 Prancis, Nantes, telah menuntut kepada klub Cardiff City agar membayar biaya transfer sebesar £15 juta.

Emiliano Sala, 28 tahun, telah menandatangani kontrak perpindahan ke Cardiff, tetapi tidak pernah memperkuat klub tersebut.

Biaya itu harus dibayar selama tiga tahun, tetapi Cardiff menunda pembayaran sesuai jadwal sebelum mereka menperoleh bukti dokumentasi yang lengkap.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews