Ongol-Ongol Singkong Pandan, Inspirasi Camilan untuk Weekend

Ongol-Ongol Singkong Pandan, Inspirasi Camilan untuk Weekend

Ongol-Ongol Singkong Pandan

Batam - Ongol-Ongol merupakan salah satu kue tradisional yang memiliki banyak penggemar. Kue manis yang memiliki tekstur kenyal ini terbuat dari tepung.

Tetapi jika Anda ingin membuat ongol-ongol dengan versi berbeda. Cobalah menggunakan bahan dasar singkong. Rasanya lezat dan dan gurih. Apalagi dalam adonannya ditambah dengan daun pandan. Tak hanya lezat, warnanya alami hijau.

Ongol-Ongol Singkong Pandan bisa menjadi inspirasi jika Anda membutuhkan ide membuat kue saat weekend. Berkumpul bersama keluarga di rumah sammbil menikmati Ongol-Ongol Singkong Pandan. Ingin tahu resep dan cara membuat Ongol-Ongol Singkong Pandan? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @merilimatmaja, Jumat (25/1/2019).

Bahan :

1 kg singkong yang telah dikupas. Parut halus dan jangan sampai berair.
300 ml santan kental
50 ml endapan pandan
200 gr gula pasir
1 bungkus agar-agar plain
1/2 sdt garam
Toping : 1/2 butir kelapa parut + 1/2 sdt garam, aduk rata lalu kukus 10 menit.

Cara Membuat :

1. Campur santan, jus pandan, gula, garam dan agar-agar. Aduk sampai gula larut.
2. Masukkan parutan singkong, aduk sampai tercampur rata.
3. Panaskan kukusan, pakai loyang ukuran 20 cm, lalu olesi dengan minyak. Alasi dengan plastik tahan panas, lalu olesi lagi dengan minyak tipis-tipis agar kue tidak lengket.
4. Kukus selama 30 menit sampai matang. Tes dengan cara ditusuk. Tunggu dingin baru dikeluarkan dari loyang, potong sesuai selera. Sajikan dengan kelapa parut.

(pkd)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews