Resep Membuat Abon Ayam, Lauk Awet dan Tahan Lama

Resep Membuat Abon Ayam, Lauk Awet dan Tahan Lama

Abon (Foto: ramesia.com)

Batam - Ibu-ibu atau anak kos biasanya punya simpanan lauk untuk berjaga-jaga saat sedang tak semangat masuk dapur. Misalnya saja kering kentang, abon, atau rendang kering.

Lauk seperti ini bisa disimpan dalam waktu lama, karena cukup kering. Cukup dimasukkan di wadah kedap udara agar bisa disimpan selama berbulan-bulan.

Abon bisa menjadi opsi simpanan lauk untuk di rumah. Juga bisa dijadikan hantaran saat berkunjung ke rumah kerabat atau sanak saudara.

Kali ini kita akan belajar cara membuat abon berbahan fillet daging ayam. Berikut resepnya.

Bahan:

- 100 ml santan
- 40 gram lengkuas yang sudah diparut
- 2 lembar daun salam
- 2 lembar daun jeruk
- 1 kilogram daging dada ayam
- gula merah secukupnya
- garam secukupnya
- kaldu bubuk secukupnya
- minyak goreng secukupnya (untuk menumis)

Bumbu halus:

- 10 butir bawang merah
- 7 buah cabai keriting/cabai besar
- 5 buah cabai merah
- 5 siung bawang putih
- 1/2 sendok teh ketumbar bubuk

Cara membuat abon ayam:

1. Cuci dada ayam hingga bersih, kemudian kukus hingga matang. Setelah itu tunggu hingga dingin, lalu kupas kulitnya. Buang tulangnya, kemudian suwir-suwir setipis mungkin.

2. Panaskan minyak dan tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan lengkuas, daun jeruk, daun salam. Kemudian tambahkan santan, gula, garam, dan kaldu bubuk. Tunggu hingga mendidih, kemudian baru masukkan daging ayam.

3. Masak abon dengan api kecil sampai kering. Aduk terus agar tidak hangus. Angkat dari kompor jika dagingnya sudah benar-benar kering dan berwarna coklat tua.

4. Simpan abon lele di dalam toples kedap udara. Sajikan sebagai lauk pelengkap nasi atau taburan untuk masakan lainnya.

(aiy)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews