Beras Plastik

Ini Beda Beras Plastik dan Beras Asli Versi Dinas Kesehatan Kota Batam

Ini Beda Beras Plastik dan Beras Asli Versi Dinas Kesehatan Kota Batam

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Perbedaan beras asli dan beras plastik (palsu), secara kasat mata nyaris tak mempunyai perbedaan, namun bila diperhatikan secara mendalam tentunya ada perbedaan yang mencolok antara kedua beras tersebut.

Hal tersebut dijelaskan oleh Sri Rupiati, Kabid pencegahan dan pengendalian penyakit, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, di Kecamatan Sekupang. Ia mengatakan, masyarakat harus tahu perbedaan beras asli dan beras sintetis (plastik) yang terbuat dari zat kimia, karena akan berbahaya bila masyarakat mengkonsumsi beras sintetis.

"Beras sintetis cenderung lebih putih mengkilat dan licin, sedangkan beras asli warnanya sedikit pudar," ujarnya, kepada batamnews.co.id, Kamis (28/5/2015).

Selain itu, ada juga perbedaan yang dapat diketahui melalui indra penciuman manusia, tentunya para ibu rumah tangga sedikit banyaknya sudah mengetahui akan hal itu.

"Beras sintetis tidak memiliki serat, jika pun ada seratnya pasti teratur dan lurus, sedangkan beras asli memiliki serat yang tak beraturan karena berasal dari alam," kata Rupiati.

"Kalau beras sintetis baunya tidak seperti beras yang biasa kita konsumsi, pasti sedikit pudar baunya, sedangkan beras asli pasti ibu rumah tangga sudah akrab dengan baunya," tutup Rupiati.

 

[alf]

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews