Dinkes Batam Uji Lab Bubur Ayam yang Dicurigai Beras Plastik, Ini Hasilnya

Dinkes Batam Uji Lab Bubur Ayam yang Dicurigai Beras Plastik, Ini Hasilnya

Pegawai Dinkes Batam melakukan uji lab terhadap sample bubur ayam yang dicurigai terbuat dari beras plastik. (foto: alfi kurnia)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam melakukan uji laboratorium terhadap sampel bubur ayam yang dicurigai terbuat dari beras sintetis atau beras plastik.

Bubur ayam itu dibeli oleh seorang ibu rumah tangga di Bengkong Kartini sehari sebelumnya. Dari hasil uji lab, tak ditemukan zat kimia berbahaya dalam kandungan bubur ayam itu.

Uji laboraturium yang dilakukan terhadap bubur ayam itu diantaranya untuk mengecek kandungan pemutih, pengawet dan pengental.

"Merurut uji lab yang kita lakukan tak ada bahan berbahaya yang ditemukan dalam kandungan bubur ini," kata Sri Rupiati, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, kepada Batamnews.co.id, Rabu (27/5/2015).

Namun, saat dilakukan pengecekan bahan pengawet yang ada di dalam kandungan bubur itu, bubur ayam yang semula berwarna putih, berubah warna menjadi kecoklatan.

"Kita tak berani memastikan bubur ini ada bahan pengawetnya atau tidak, tapi kalau ada biasanya warnanya berubah menjadi ungu," ungkap Rupiati.

Sementara itu, pihaknya belum bisa melakukan pengecekan terhadap kandungan bahan dasar bubur, apakah terdapat bahan sintetis atau plastik.

"Kita belum punya alat pengecek bahan plastik yang terdapat di makanan," tambah Rupiati.

(alf)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews