Smartphone Dapat Membuat Daya Pikir Memburuk, Ini Penjelasannya

Smartphone Dapat Membuat Daya Pikir Memburuk, Ini Penjelasannya

Smartphone

Batam - Dengan bantuan smartphone, hampir semua aktivitas dapat dilakukan dengan lebih mudah. Ya, perangkat ini memungkinkan kita untuk berkomunikasi dan bekerja di mana pun dan kapan pun.

Akan tetapi, ada sisi buruk dari teknologi. Smartphone bisa membawa pengaruh negatif terhadap karier. Gawai diyakini bisa membuat daya pikir kita memburuk.

Dikutip dari The Muse via Dream, Sekolah Bisnis McComb di Universitas Texas, di Austin, membuat kajian tentang dampak smartphone terhadap daya pikir.

Seorang peneliti, Adrian Ward, meneliti 800 peserta tentang dampak gadget terhadap daya pikir. Para peserta ini diminta untuk mengerjakan tugas dengan ponsel yang ditaruh di dekat mereka dan ada juga mengerjakannya tanpa kehadiran smartphone.

Hasilnya? Peserta yang tidak membawa ponsel bisa mengerjakan tugas dengan lebih baik daripada yang tidak membawa gawai.

“Mereka (yang membawa smartphone) terganggu dengan notifikasi di ponsel mereka. Kehadiran smartphone saja sudah cukup mengurangi kapasitas kognitif mereka,” kata dia.

Ward mengatakan, notifikasi yang muncul di smartphone, bisa merusak konsentrasi, seperti lampu layar yang berkedip ketika muncul pemberitahuan atau ada getaran ketika notifikasi masuk.

“Ketika smartphone terlihat, kapasitas kognitif yang tersedia, berkurang. Pikiran sadar kamu tidak membuatmu berpikir tentang gawai, tapi prosesnya membuatmu tak memikirkan gawai, justru menguras otak,” ujar Ward menambahkan.

Nah, kalau mau lebih fokus dalam bekerja, sebaiknya kamu “ menyingkirkan sementara” smartphone-mu. Misalnya, menaruh barang tersebut di laci meja kerja.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews