Prakiraan BMKG Terkait Cuaca Malam Tahun Baru di Batam

Prakiraan BMKG Terkait Cuaca Malam Tahun Baru di Batam

Dataran Engku Putri menjadi lokasi perayaan tahun baru di Batam malam ini. (Foto: ist)

Batam - Potensi hujan cukup tinggi diprakirakan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sejak tanggal 28-31 Desember 2018. 

Namun BMKG merilis prakiraan cuaca saat malam menjelang tahun baru akan cerah berawan dengan suhu berkisar 27 derajat celcius. Kecepatan angin dari barat 9km/jam.

Dikutip Batamnews dari situs bmkg.co.id, kondisi atmosfer dari pantauan BMKG menyebut aliran massa udara dingin dari Asia masih mendominasi wilayah Indonesia. 

Pusat tekanan rendah di sekitar wilayah Filipina dan Laut Cina Selatan menyebabkan massa udara dingin dari Asia cukup terkonsentrasi di wilayah utara.

 

Sementara itu, dominasi pola udara tekanan rendah di sekitar wilayah Australia cukup signifikan dan menyebabkan terbentuknya daerah perlambatan angin dan pertemuan angin di sekitar wilayah Indonesia bagian selatan. 

Kondisi-kondisi tersebut diprakirakan akan meningkatkan potensi hujan di sebagian besar wilayah Indonesia pada periode menjelang akhir tahun, 28-31 Desember 2018.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yakni Bengkulu, Sumsel, Babel, Kalimantan, Jatim, Bali, NTB dan Maluku Bagian Selatan.

BMKG mengimbau masyarakat waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologis seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, dan angin kencang terutama untuk wilayah-wilayah yang telah mendapat hujan berintensitas tinggi. 

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," tulis imbauan tersebut.

(fox)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews