China Beri 100 Ribu Dolar AS untuk Penanganan Tsunami Selat Sunda

China Beri 100 Ribu Dolar AS untuk Penanganan Tsunami Selat Sunda

Dubes China Xiao Xien. (Foto: kumparan).

Jakarta - Dubes China Xiao Xien mengucapkan rasa bela sungkawa kepada Indonesia atas bencana tsunami yang menerjang Lampung dan Banten pada Sabtu (22/12/2018) lalu. Xien mengatakan, Pemerintah China telah memberi bantuan 100 ribu Dollar AS kepada Palang Merah Indonesia (PMI) untuk penanganan bencana tsunami.

"Dari presiden Xi Jinping pada waktu pertama telah mengucapkan bela sungkawa kepada Joko Widodo, RI adalah negara sahabat bagi China. Dari Palang Merah China telah memberikan 100 ribu dolar AS kepada PMI," kata Xien di Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (28/12/2018).

Xien mengatakan, Pemerintah China juga memberi uang tunai Rp 500 juta kepada PP Muhammadiyah. Duit itu untuk disalurkan langsung ke korban bencana tsunami Selat Sunda.

"Melalui jalur Muhamamdiyah, kami memberikan bantuan uang tunai sebanyak Rp 500 juta kepada masyarakat di daerah sekitar bencana. Bantuan itu supaya bisa digunakan untuk membeli barang-barang yang diperlukan," ucap Xien.

Xien berharap bantuan yang diberikan oleh pemerintah China dapat ikut  meringankan duka para korban. Selain itu, diharapkan dengan bantuan ini dapat meningkatkan hubungan antara Indonesia dan China yang selama ini sudah terjalin dengan baik. 

Sabtu (22/12/2018) lalu, gelombang tsunami menghantam pesisir Banten dan Lampung. BNPB mencatat per Jumat (28/12/2018) pukul 13.00 WIB, jumlah korban meninggal dunia akibat tsunami tersebut sebanyak 426 orang. 

Jumlah ini susut dibandingkan hari sebelumnya (430 orang) karena ada data ganda. Sedangkan korban luka-luka sebanyak 7.202 orang dan 23 lainnya masih hilang.

(*)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews