Awas Penipuan Berkedok Lowongan McDermott Palsu

Awas Penipuan Berkedok Lowongan McDermott Palsu

Pekerja McDermott. (Foto: ilustrasi)

Batam - Seorang warga di Batam nyaris tertipu modus lowongan kerja. Kali ini pelaku membawa nama PT McDermott International, industri galangan kapal terbesar di Batam. 

Nurul Hidayah dan Fuad Budiyono sepasang suami istri bekerja di galangan kapal Tanjunguncang nyaris jadi korban. Pasutri ini awalnya sedang mencoba mencari lowongan pekerjaan lain. "Jadi kita ingin masuk kerja McDermott," katanya Nurul.

Tepat 28 November 2018, Nurul menemukan pengumuman di Facebook perusaan McDermott membuka lowongan pekerjaan. Ia mencoba memasukan lamaran ke situs yang tercantum di pengumuman itu.

Selang beberapa hari Nurul mendapat balasan undangan mengikuti interview di Jakarta. Diundangan disebutkan pada hari Sabtu dan Minggu (1-2/11/2018).

 

Surat palsu 

 

Undangan memang terlihat seperti asli, menggunakan kop surat McDermott begitu juga tanda tangan dan matrai. Di dalam surat disebutkan jadwal interview, syarat peserta ujian seleksi, proses seleksi dan lainnya. 

Modus penipuan terjadi ketika di undangan, peserta diminta membayar akomodasi dan tranportasi terlebih dahulu. Setelah itu akan diganti jika sampai di Jakarta.

Parahnya akomodasi dan transportasi harus melalui satu perusahaan travel. Sebelum keberangkatan, peserta harus membayar biaya tiket pesawat dan penginapan ke travel tersebut.

"Jadi katanya, nanti sampai disini (Jakarta) dibayar, tetapi saya curiga kok harus melalui satu agen travel, saya pikir mereka kerjasama," katanya. 

Selain itu Nurul juga merasa aneh karena nomor ponsel yang digunakan adalah nomor handphone. Tidak ada menggunakan nomor telpon kantor.

Merasa curiga Nurul mencoba menelpon pihak McDermott yang di Jakarta tempat interview diadakan.  Mereka belum bisa memberikan jawaban. 

Sambil menunggu tangapan McDermott. Nurul mencoba mencari di google tentang tavel tersebut. Ia menemukan berita miring, bahwa travel sudah sering melakukan penipuan. 

"Jadi kayak memang sudah sering, modus sama, nama travel Lila Buana Wisata," katanya. 

Akhirnya, McDermott mengklarifikasi bahwa perusahaan besar Asia Tenggara itu tidak ada melakukan interview dalam waktu dekat ini. 

Lowongan kerja palsu akhir-akhir ini sering terjadi. Dengan modus dan cara yang hampir sama. 

Kasus lowongan kerja palsu McDermott sudah pernah terjadi pada tahun 2016 lalu. Beberapa orang nyaris tertipu. 

(tan)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews