Mengapa Bus Sekolah Berwarna Kuning? Ini Asal-Usulnya

Mengapa Bus Sekolah Berwarna Kuning? Ini Asal-Usulnya

Ilustrasi. (Foto: New York Post).

Batam - Bus sekolah selalu identik dengan warna kuning mengilap. Namun adakah yang tahu asal-muasal bus sekolah berlabur warna itu?

Mengutip Autoevolution, sejarah bus sekolah berwarna kuning bermula pada April 1939 di Amerika Serikat (AS). Saat itu, Rockefeller Foundation mengucurkan dana sekitar 5.000 dollar AS untuk melakukan penelitian.

Dana ini digunakan oleh Frank Cyr, profesor dari Universitas Columbia, untuk meneliti transportasi sekaolah di sepuluh negara bagian AS. Hasilnya, Frank Cyr menyimpulkan bahwa fasilitas ini berada dalam kondisi menyedihkan.

Saat itu, banyak pelajar sekolah yang tidak memiliki transportasi untuk pergi ke tempat mereka mesti menuntut ilmu. Sementara bus umum yang tersedia sangatlah tidak layak.

Melihat adanya kebutuhan untuk memperbaiki sistem transportasi pelajar ini, Frank Cyr menyelenggarakan konferensi bersama pejabat sekolah dan ahli transportasi.

Konferensi itu membahas detail tentang warna, tinggi, dan lebar serta aturan keselamatan transportasi sekolah yang belum pernah ditetapkan sebelumnya. Selain itu, warna bus sebelum berjalannya konferensi pun sangat beragam.

Awalnya merah, putih, dan biru sebagai lambang patriotisme di kalangan siswa. Namun Frank Cyr menawarkan opsi baru kepada pejabat pendidikan.

Ia menyatakan untuk memilih warna kuning dan menyebutnya, "National School Bus Glossy Yellow." Hal ini disetujui oleh badan Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS.

Warna kuning dinilai memiliki visibilitas yang tinggi. Selain itu, dianggap mudah terlihat ketika pagi hari masih gelap atau sore saat matahari mulai terbenam.

Selain itu, terdapat tulisan tebal, hitam, berada di sisi setiap bus yang menunjukkan distrik sekolah masing-masing.

Faktor warna dan tulisan itu penting untuk transportasi sekolah yang melakukan perjalanan pada pagi dan sore hari.

Warna kuning pun selalu menjadi warna penting untuk rutinitas sehari-hari. Lihat saja, lampu lalu lintas juga menyelipkan warna kuning sebagai pertanda hati-hati atau bersiap-siap.

Setelah konferensi itu, 35 negara bagian segera membuat perubahan. Mereka mengadakan transportasi bus sekolah berwarna kuning.

Frank Cyr pun dijuluki sebagai "Bapak Bus Sekolah Kuning". Dan warna inilah yang melekat hingga sekarang.

(*)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews