Kampung Terih Nongsa Raih Penghargaan API 2018

Kampung Terih Nongsa Raih Penghargaan API 2018

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad menerima penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2018. (Foto: istimewa).

Batam - Kampung Terih, Nongsa meraih Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2018 sebagai tujuan wisata baru terpopuler di Kota Batam. Sedikitnya ada 18 kategori yang diperebutkan dalam Anugerah Pesona Indonesia 2018 ini. 

Penghargaan diterima oleh Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad dari Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Kementerian Pariwisata RI, I Gede Pitana, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (22/11/2018) malam.

Amsakar merasa bangga dan berjanji untuk terus meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) di Kota Batam. Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada panitia penyelenggaran dan insan pariwisata.

“Keberhasilan ini akan menjadi cambuk bagi kami ke depan untuk menata pariwisata Batam ke depan,” ucapnya.

Pada tahun ini para nominasi lebih banyak berasal dari Pulau Sumatera. Untuk Juara Umum diperoleh oleh Sumatera Selatan dan Juara Favorit didapatkan oleh Kampung Terih Kota Batam.

API merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap Pariwisata Indonesia.

Di samping itu penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama Pemerintah Daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing. 

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Kementrian Pariwisata RI, I Gede Pitana mengatakan penyelenggaraan API banyak memberikan dampak positif bagi pariwisata Indonesia. 

Selain itu API juga berperan dalam mempromosikan destinasi wisata yang ada di Indonesia melalui media internet. Dengan adanya anugerah API, Pemda diharap bersemangat untuk mengembangkan pariwisata didaerahnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata mengatakan bahwa keberhasilan kampung terih ini berkat kerja keras komunitas dengan dibantu Pemko Batam dan Bank Indonesia untuk mewujudkan destinasi wisata digital baru.

“Ke depan, destinasi lainnya di Kota Batam juga akan kami dorong untuk dapat ikut ajang API ini, apalagi kreativitas sangat dibutuhkan untuk mewujudkan destinasi baru,” ujar Ardi, Jumat (23/11/2018). 

(ret)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews