Batu Jahanam si Hitam yang Eksotis

Batu Jahanam si Hitam yang Eksotis

Batu Jahanam dari Loloda Halmahera Utara. (foto: istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Keindahan batu alam Indonesia memang luar biasa. Tiap daerah pun punya unggulan masing-masing. Salah satunya bebatuan asal Loloda di Halmahera Utara. Selain batu Bacan dan batu Obi yang lebih dulu naik daun, kini bebatuan Loloda. Bahkan di Loloda, ada batu yang hanya dimiliki Mesir dan kawasan Timur Tengah, yakni batu Hajar Jahanam.

Batu hitam pekat yang memiliki beberapa penyebutan oleh warga setempat seperti Raja Hitam, Batu Hitam dan Batu Jahanam. Nama batu Jahanam ini diambil dari obat kuat pria yang bernama Hajar Jahanam.

Batu ini mempunyai kulit rough yang sama sekali tak menarik. Eksotismenya baru terasa jika batu tersebut dibelah.

"Menurut kepercayaan masyarakat di Loloda dan Halmahera, batu ini mempunyai banyak khasiat diantaranya untuk meningkatkan stamina pria, menyerap racun dan berbagai penyakit. Bahkan kalau anak panas, batu ini dipercaya bisa jadi obat dengan memberi rendaman airnya,"kata Yoes, pemilik stand batu akik Kiara Rock Stone di Kios Terminal Jodoh, Kamis (14/5/2015) kepada Batamnews.co.id.

Yoes pun memperagakan keunikan batu yang dimilikinya itu. Ia menempelkan sebatang rokok di batu berwarna hitam pekat itu selama 5 menit. "Sekarang bakar rokoknya. Rasanya sudah hambar karena racunnya terhisap," ujarnya.

Yoes mengatakan, batu Jahanam ini tidak banyak yang asli dan kalau digosok tidak bisa terlalu mengkilap. "Hati-hati juga membeli batu ini, karena banyak juga yang palsu. Yang asli hanya terdapat di Loloda dan tidak mengkilap," kata pria yang berasal dari Makassar tersebut.

Dari penelusuran Batamnews.co.id, batu Jahanam adalah batu berserat padat. Batu ini ditemukan di Desa Loloda di Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, pada tahun 2000.

Nama batu Jahanam tersebut diperoleh dari para pengusaha batu akik yang ada di Maluku Utara. Batu ini disebut Jahanam karena memiliki keanehan yang unik. Seperti mampu mengobati penyakit perut.
 
Perbedaan yang mencolok dari batu Jahanam Mesir terletak pada asal mineral batu. Batu Hajar Jahanam Mesir dan India berasal dari getah tumbuhan. Lain halnya dengan batu Jahanam asli Loloda yang murni berasal dari batu.

Menurut Yoes, batu Jahanam Loloda mirip dengan Giok Hitam Aceh atau Black Jade. Tapi batu Jahanam tidak tembus jika disenter sama sekali karena memiliki struktur padat.

Namun, kepercayaan soal khasiat batu Jahanam kembali ke diri masing-masing atau hanya dianggap sebagai hiasan dari alam yang eksotis.

(isk)

Komentar Via Facebook :