Sempat Melintasi Bumi, Asteroid Oumuamua Disebut Pesawat Alien oleh Peneliti Harvard

Foto : grid.id

Jakarta - Asteroid Oumuamua yang sempat melintasi Bumi tahun lalu disebut sebagai pesawat alien oleh peneliti Harvard. Peneliti Harvard menyebut asteroid Oumuamua yang pernah melintasi Bumi sebagai pesawat alien bukan tanpa alasan.

Setelah melalui sejumlah penelitian, dua peneliti Harvard menemukan tanda-tanda jika asteroid Oumuamua yang pernah melintasi Bumi merupakan pesawat alien. Masih ingat dengan asteroid Oumuamua yang sempat melintasi Bumi tahun lalu?

Sejak terlihat oleh teleskop di Bumi, banyak ilmuwan tertarik untuk melakukan penelitian dan mencari identitas benda asing tersebut hingga saat ini. Asteroid Oumuamua yang berbentuk panjang dan lonjong melintasi Bumi tahun lalu.

Asteroid tersebut ditemukan oleh teleskop Pan-STARRS1 milik Universitas Hawaii pada 19 Oktober 2017. Nama Oumuamua sendiri memiliki arti sebuah utusan yang datang dari jauh dan tiba lebih dulu di Hawaii.

Dari teleskop tersebut, asteroid terlihat seperti batu dengan bentuk panjang dan lonjong seperti cerutu. Selain itu, asteroid tersebut juga tampak berwarna kemerahan.

Sebelum dikategorikan sebagai asteroid, para ilmuwan menyebutnya sebagai komet. Tak lama setelah itu, benda asing ini dikategorikan sebagai asteroid.

Tapi benda ini bergerak lebih cepat ketika mendekati matahari seperti yang dilakukan komet. Meski begitu, Oumuamua tidak seperti komet lain yang sudah pernah didokumentasikan oleh manusia di Bumi.

Menurut NASA, ukuran lebar asteroid ini sekitar seperempat mil atau 1,6 kilometer. Sedangkan panjang benda ini 10 kali dari lebarnya yaitu sekitar 16 kilometer.

Bentuk asteroid ini cukup mengejutkan dan tidak seperti kebanyakan objek yang terlihat di sistem tata surya kita. NASA mengatakan bahwa objek ini akan terus bergerak dalam kecepatan tinggi keluar dari sistem tata surya.

Tapi kunjungan benda asing ini telah menarik perhatian para ilmuwan tentang identitas sebenarnya asteroid Oumuamua. Dilansir Grid.ID dari My Dayton Daily News, ada dua peneliti dari Harvard menemukan teori untuk asteroid Oumuamua.

Teori tersebut dirangkum ke dalam sebuah jurnal berjudul The Astrophysical Journal Letters yang akan dipublikasikan pada 12 November 2018. Menurut teori hasil penelitian dua orang ahli dari Harvard tersebut, asteroid Oumuamua sebenarnya adalah sebuah pesawat alien.

Ilmuwan Shmuel Bialy dan Abraham Loeb menduga jika objek tersebut merupakan pesawat mata-mata yang memang sengaja dikirim untuk mendekati bumi oleh peradaban alien. Menurut dua ilmuwan tersebut, Oumuamua didukung oleh radiasi dalam sebuah proses yang belum pernah terlihat di benda luar angkasa sebelumnya.

Objek itu juga mungkin sudah terbentuk di luar tata surya kita.

"Satu kemungkinannya adalah bahwa Oumuamua berlayar menggunakan cahaya, mengambang di luar angkasa sebagai puing sebuah peralatan teknologi canggih," kata Shmuel Bialy dan Abraham Loeb.

Dari teori yang dikemukakan oleh dua ilmuwan Harvard tersebut, asteroid Oumuamua bisa jadi sebuah puing dari sistem tata surya lain karena itu memiliki bentuk yang aneh dan karakteristik yang tidak biasa. Ilmuwan di bumi sudah meneliti tentang perjalanan luar angkasa menggunakan teknologi cahaya seperti cahaya matahari.

Shmuel Bialy dan Abraham Loeb mengungkapkan jika teknologi tersebut sudah ditemukan di galaksi lain dan bisa digunakan untuk berlayar di antara planet atau bintang.

(pkd)