Ini Trik Mudah Mengusir Suara Berisik di Kabin Mobil

Ini Trik Mudah Mengusir Suara Berisik di Kabin Mobil

Ilustrasi.

Batam - Kabin senyap menjadi idaman setiap pemilik mobil. Dengan kabin yang senyap maka kenyamanan akan semakin bertambah, mendengarkan musik pastinya akan terasa lebih mengasyikan lagi.

Tapi tak jarang, kabin mobil juga menimbulkan suara berisik. Hal itu jelas mengganggu. Selain penting untuk tahu apa penyebabnya, Otolovers juga perlu untuk tahu bagaimana cara mengatasinya.

Ternyata mudah saja, seperti mengutip dari laman resmi Daihatsu Indonesia, berikut cara ampuh untuk mengatasinya.

Ganti Oli Gardan

Jika bunyi berisik di mobilmu bersumber dari gardan mobil, kamu bisa mengatasinya dengan mengganti oli dengan yang lebih kental. Cara ini tergolong mudah. Kamu juga tak perlu mengganti gardan.

Namun, jika ternyata ada bagian rusak pada gardan, tentu harus diganti. Jika belum terlalu parah, kamu bisa menyetel ulang supaya gardan tersebut tidak semakin rusak.

Mengganti Komponen yang Rusak

Penyebab lainnya bisa juga karena adanya masalah pada komponen mobil, terutama kaki-kaki mobil. Umumnya, bunyi berisik tersebut akan muncul saat mobilmu melaju pada kecepatan tinggi, seperti 50 km/jam atau bahkan bisa lebih dari itu.

Penyebab bunyi berisik dari kaki-kaki mobil, salah satunya adalah bushing arm yang sudah aus atau bahkan pecah. Tidak hanya bushing arm, bisa juga bagian lain seperti tie road, ball joint, shockbreaker. Cara mengatasinya tentu dengan mengganti yang rusak dengan yang baru.

Lumasi dengan Grease

Bunyi berisik di dalam kabin mobil bisa disebabkan karena adanya gesekan antar logam yang ada di dalam kabin. Jika itu terjadi, segeralah periksa bagian luar atau bagian dalam untuk mengetahui asal sumber bunyi berisik tersebut.

Tujuannya, untuk menghindari kerusakan akibat gesekan yang akan semakin parah. Salah satu cara mengatasinya adalah melumasinya dengan menggunakan grease.

Pasang Peredam Suara

Peredam suara terbuat dari berbagai macam material seperti karet yang dilapisi dengan alumunium foil. Ada pula peredam suara yang terbuat dari bahan glasswool bahkan juga terbuat dari aspal.

Anda bisa memasang peredam suara di bagian-bagian penting, seperti dasar mobil. Fungsinya supaya mengurangi suara decitan ban atau suara percikan air saat hujan turun.

(*)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews