Konsumsi Garam Berlebihan, Ini Bahayanya

Konsumsi Garam Berlebihan, Ini Bahayanya

Ikan asin merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung garam (foto:net/idntimes)

Batam - Penggunaan garam sebagai penyedap makanan sehari-hari sudah menjadi hal yang lumrah. Bahkan, jika garam tidak diikut sertakan dalam hidangan, maka akan terasa hambar.

Tapi, makanan dengan kandungan garam tinggi dapat memengaruhi kesehatan. Kadang, seseorang tak sadar bahwa batas standar asupan garam per hari sudah dilewati, sehingga tubuh menerima efek buruk. 

Mengkonsumsi garam secara berlebihan bisa menyebabkan hipernatremia. Dilansir dari laman The People, hipernatremia memiliki beberapa gejala, diantaranya yakni:

1. Sulit berpikir jernih

Kadar garam tinggi dalam tubuh akan menyulitkan untuk berpikir jernih, berkonsentrasi, dan muncul kebingungan. Anda akan lambat bereaksi, sehingga bisa mengganggu aktifitas sehari-hari jika tak segera diatasi. 

Hal demikian terjadi karena otak terpengaruh oleh tingginya garam dalam tubuh.

2. Haus terus menerus

Sodium berfungsi menyeimbangkan cairan dalam tubuh, sehingga jika terdapat banyak sodium pada tubuh maka ketidakseimbangan akan terjadi. Tubuh akan mencoba membuang kelebihan garam tersebut dengan cara memerintahkan otak untuk merasa haus.  Air akan membersihkan sodium yang berlebih di otot dan organ lain.

3. Tubuh bengkak

Pergelangan tangan, kaki, mata, dan wajah adalah bagian yang akan terlihat bengkak akibat kelebihan garam. Hal ini disebut edema, saat organ tubuh menyerap banyak air karena menumpuknya sodium atau garam.

4. Batu ginjal

Kandungan garam tinggi akan meningkatkan jumlah protein pada urin, demikian menurut World Action on Salt and Health (WASH). Ini karena ginjal bekerja keras untuk membuang kelebihan mineral yang tak dibutuhkan. Jika terjadi dalam waktu lama maka bisa memicu penyakit ginjal.

5. Luka lambung

Kadar garam tinggi dapat membuat luka pada lambung, demikian hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Infection and Immunity.

6. Kram otot

Sodium potassium balance berfungsi untuk kerja kontraksi otot. Jika Berlebihan dapat memicu kram.

7. Sakit kepala

Jika Anda kerap merasakan sakit kepala usai makan makanan asin, maka itu tanda kelebihan garam dalam tubuh. Terjadi karena pembuluh darah yang melebar dan membuat darah memompa lebih cepat.

Maka mulai sekarang, hindari mengkonsumsi garam secara berlebihan ya.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews