10 Makanan Enak Ini Dilarang di Negara Tertentu, Ada Favoritmu Gak?

10 Makanan Enak Ini Dilarang di Negara Tertentu, Ada Favoritmu Gak?

Ilustrasi

Jakarta - Jika kamu suka traveling keliling dunia, ada baiknya kamu mengetahui makanan yang dilarang di beberapa negara. Meski legal atau wajar untuk sebagian negara, faktanya ada juga beberapa jenis makanan yang ilegal untuk negara lainnya.

Makanan yang dilarang, biasanya dianggap kurang sehat atau tidak memenuhi standar suatu negara. Apa saja sih?

1. Permen karet

Pada 2004, pemerintah Singapura melarang masuk dan memperjual belikan permen karet. Namun, larangan tesebut sudah berubah. Kini telah direvisi, permen karet yang dijual harus dalam pengawasan dokter gigi.

Larangan ini terjadi karena permen karet menyebabkan beberapa masalah. Seperti, banyaknya sampah permen karet, serta orang-orang iseng yang menggunakan permen karet untuk tindak kriminal. 

2. Pewarna makanan

Rasanya kurang menarik, jika makanan atau minuman berwarna pucat. Seringkali, beberapa perusahaan menambahkan pewaarna maanan pada produknya. Sayangnya, di beberapa negara di Uni Eropa mengatur ketat adanya tambahan pewarna makanan.

Hal ini disebabkan, konsumsi pewarna makanan dalam jangka panjang akan memicu kanker. 

3. Foie grass

Foie grass berasal dari negara Perancis. Makanan yang berasal dari hati angsa ini termasuk mewah. Beberapa negara seperti, Jerman, Inggris, Israel, Swiss, dan Italia melarang adanya perdagangan foie grass.

Hal ini dikarenakan cara pembuatannya yang sadis. Angsa dipaksa memakan butiran jagung melalui tabung selang, yang membuat angsa cepat gemuk dan membuat hati angsa membesar. 

4. Saus tomat

Pada 2011, pemerintah Perancis melarang masyarakatnya, terutama murid Sekolah Dasar utuk memakan saus tomat. Bahkan, larangan ini berlaku di kantin sekolah Perancis. Hal ini dikarenakan saus tomat dapat mengubah rasa makanan khas Perancis. 

5. Sirip ikan hiu

Di Indonesia, sirip ikan hius biasa diolah menjadi sup. Namun, di Taiwan, Malaysia, dan Hongkong, perdagangan sirip ikan hiu sangat dilarang.

Sirip ikan hiu yang diambil secara hidup-hidup itu dapat membuat ikan hiu cacat bahkan sampai mati. Karena, ikan hiu tanpa sirip tidak dapat berenang kemudian mati.

6. Ikan fugu

Ikan fugu atau yang bisa dikenal sebagai ikan buntal adalah makanan tradisional Jepang yang sangat terkenal. Tapi, menurut Undang-undang di Amerika Serikat tahun 2002, memperdagangkan ikan fugu termasuk kegiatan ilegal. Sebab, ikan fugu mengandung racun yang lebih bahaya dari sianida. 

7. Susu mentah

Susu mentah dinilai beberapa orang lebih bergizi dar susu olahan. Faktanya, susu tanpa proses pasteurisasi mengandung banyak bakteri dan tidak higenis. Karenanya, banyak negara seperti Amerika Serikat dan Kanada melarang beredarnya susu mentah.

8. Daging kuda

Jika di Indonesia daging kuda masih mudah ditemui, berbeda dengan Amerika dan Inggris. Aktivis hewan di dua negara tersebut sepakat untuk tidak menjadikan kuda sebagai makanan.

9. Samosa

Di tahun 2011, kue segitiga yang berisi sayuran dan isian daging ini dilarang di negara Somalia. Larangan ini disebabkan bentuknya yang segtiga menyerupai simbol Holy Trinity bagi umat Kristiani. 

10. Cokelat telur

okelat telur merupakan makanan favorit anak-anak. Selain rasanya yang nikmat dan bentuknya yang unik, di dalam cokelat telur berisikan mainan plastik. Di Amerika Serikat peredaran cokelat telur sangat dilarang.

Bahkan, dalam satu tahun, kantor imigrasi dan bea cukai dapat menyita ratusan ribu cokelat telur. Cokelat telur dianggap dapat membahayakan kesehatan anak-anak, karena bahan kimia dan bakeri dari mainan dapat menempel pada cokelat.

Ada makanan favoritmu yang dilarang gak nih?

(pkd)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews